Tuesday, June 21, 2011

Tips Dalam Berkomentar Di Blog

Berkomentar merupakan salah satu langkah yang perlu kita terapkan guna mempromosikan blog milik kita. Akan tetapi, bukan berarti kita bebas semaunya sendiri dalam memberikan komentar dalam postingan sebuah blog. Berkomentar seperti halnya kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, ada beberapa etika atau sopan-santu yang harus kita jaga dalam komunikasi kita dengan orang lain.


Agar kita dapat menjadi seorang komentator yang baik, ada baiknya jika kita perhatikan terlebih dahulu tips dalam berkomentar berikut ini :

Gunakan nama asli.

Sebagai seorang blogger, kita perlu untuk menunjukan nama asli kita. Hal ini berguna untuk memberikan rasa percaya kepada blogger lain jika kita memang open untuk berteman dengan blogger lainnya. Dengan mencantumkan nama asli, kita juga akan terhindar dari upaya yang buruk yang mungkin saja akan kita lakukan, seperti menulis komentar jorok, tidak etis, tidak sopan, dsb. Mengapa? Yup, karena kita “menggadaikan” nama asli kita sebagai jaminannya.

Gunakan gravatar.

Apa itu gravatar?
Gravatar merupakan sebuah gambar yang akan muncul guna mengilustrasikan profil kita sebagai seorang blogger. Kita dapat memberikan gravatar pada setiap akun blogger maupun platform blog lainnya yang kita miliki.

Mengapa sih pemasangan gravatar begitu penting? Gravatar dapat menarik perhatian lebih banyak pengunjung blog yang hendak memberikan komentar. Bukan kah sebuah gambar itu lebih berharga dari seribu kata? Umumnya seseorang akan lebih tertarik dengan hal yang ada ilustrasi gambarnya bukan?

Jangan pernah berkata jorok!

Blog juga merupakan sarana umum, artinya banyak pihak yang terlibat dalam hal blogging. Jika kita melecehkan seseorang lewat komentar yang jorok bahkan merendahkan, itu sama saja sangat tidak etis karena kita melakukan penghinaan di depan publik.

Berkomentar sama saja kita sedang memperkenalkan diri kita kepada orang lain. Apa iya? Pasti! Karena isi atau kandungan dari kalimat komentar itu sudah dapat mencerminkan pribadi kita masing-masing. Apakah kita itu orang yang rendah hati, suka menghargai, cerdas, bodoh, serakah, suka mengejek, dsb. So, upayakan lah yang terbaik dalam berkomentar.

Jangan berpromosi secara langsung.

Komentar yang isinya hanya promosi dari blog yang memberikan komentar adalah sebuah hal yang salah. Hal ini biasanya banyak kita temui dari blogger pemula. Dengan kita melakukan hal tersebut, sama saja kita mengemis mengharapkan kunjungan dari orang lain. Jaga lah integritas kita sebagai blogger yang berwibawa. Gunakan cara yang lebih elegan dalam menarik kunjungan pengunjung lainya ke dalam blog kita melalui tulisan komentar yang baik, berbobot, relevan dengan topik postingan, dan tidak asal nulis. Sip?

Ajukan pertanyaan dan jawab pertanyaan.

Mengajukan pertanyaan dan menjawab sebuah pertanyaan atas komentar blogger yang lain dapat menghidupkan suasana diskusi yang baik untuk postingan sebuah blog. dengan diskusi yang komunikatif tersebut diarapkan akan tercipta beberapa manfaat seperti materi postingan akan bertambah lengkap karena dengan diskusi tersebut akan memunculkan detail-detail yang belum dijelaskan. Selain itu, terciptanya sebuah diskusi yang baik dan lancar juga akan menambah kehangatan dan kebersamaan antar sesama blogger, hingga akhirnya akan membuat sesama blogger yang terlibat diskusi akan saling mengunjungi dan berujung pada meningkatnya traffic dalam blog kita.

Komentar harus sesuai dengan topik bahasan.

Komentar yang baik adalah komentar yang isi kandungannya sesuai dan bersifat membangun atau melengkapi atas topik apa yang sedang di bahas. Hindari untuk menuliskan komentar yang tidak sesuai dengan bahasan dalam postingan blog. jika terpaksa, kita dapat melakukan kontak langsung kepada pemilik blog atau menyampaikannya di dalam guest book.

Bagaimana kawan?
Ada tambahan? Ada tanggapan dan pertanyaan?
Berkomentar merupakan salah satu kegiatan blogging yang menyenangkan. Kita dapat memberikan apresiasi atas hasil karya orang lain, memberikannya tanggapan, kritikan, saran, hingga mengajukan pertanyaan jika kita merasa kurang jelas dengan karya tersebut. Yuk, kita budayakan untuk saling berbagi komentar yang bagus dan berkualitas.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment