Wednesday, June 8, 2011

Manfaat Guest Book

Pada bahasan sebelumnya kita sudah banyak mengupas tentang bagaimana cara membuat guest book, cara menambahkannya emoticon, hingga bagaimana cara memaksimalisasinya agar guest book terlihat menawan dan memberikan hasil yang optimal.

 

Nah, sebelum melangkah pada itu semua setidaknya kita sebagai seorang blogger yang telah memasangi blog kita dengan guest book tahu mengenai apa manfaat guest book yang sebenarnya. Jangan sampai dalam memasang guest book kita tidak tahu manfaat yang bisa diberikan dan hanya ikut-ikutan saja sehingga terkesan guest book yang ada di blog kita itu hanya lah pernak-pernik blog tanpa guna.

Karena itu, mari kita bahas bersama apa sih sebenarnya manfaat guest book bagi blog kita.

Media komunikasi.

Fungsi utama dari sebuah guest book adalah sebagai media komunikasi antara kita sebagai pemilik blog dengan para pengunjung kita. Guest book memberikan tempat sebagai media untuk menjalin silaturahmi dan mempererat kedekatan antara pemilik blog dengan pengunjungnya. Dengan kedekatan ini, maka akan membuat pengunjung merasa lebih diperhatikan hingga tampak seperti menjadi bagian dari blog kita. Dan pada akhirnya adalah dengan kedekatan ini lah yang akan membuat pengunjung semakin betah untuk selalu mengikuti perkembangan blog kita.

Menampung komentar kentut.

Apa itu komentar kentut? Ringkasnya adalah komentar kentut merupakan sebuah komentar yang dituliskan oleh pengunjung kita yang isinya tidak relevan dengan apa yang seharusnya dikomentari, pendek atau ringkas sekali, dan menimbulkan masalah layaknya kentut. Masalah apa? Biasanya adalah dicurigai sebagai SPAM karena berisi promosi-promosi untuk mengunjungi blog komentator.

Nah, untuk mencegah dan memberikan ruang untuk menuliskan apresiasi pengunjung ini lah dibutuhkan guest book. Sehingga, guest book dapat digunakan untuk menyampaikan ajakan bertukar link, bertukar follow, request sesuatu, hingga ajakan untuk saling mengunjungi kepada pemilik blog.  Menarik bukan?

Membuat tampilan blog lebih profesional.

Guest book yang dikemas dalam tampilan yang baik seperti dibuat dalam bentuk hidden guest book, ditambahkan emoticon yang lucu, serta ditempatkan pada lokasi yang strategis akan membuat blog kita tampil seperti sebuah situs yang profesional.

Wah, ternyata guest book memberikan blog kita banyak manfaat ya?
Selain membuat blog kita terkesan lebih profesional, guest book juga mampu menjadi media untuk menjalin keakraban dan kedekatan antara kita sebagai pemilik blog dengan para pengunjung kita.
Ada yang ingin menambahkan mengenai manfaat dari menampilkan guest book dalam blog kita ini?
Kalau ada, silakan dibagi-bagikan dan dituliskan lewat kotak komentar di bawah ini ya kawan.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment