Sunday, June 19, 2011

5 Alasan Menjawab Setiap Komentar Di Blog

Hal mendasar yang membedakan sebuah blog dengan website adalah blog memiliki kelebihan fasilitas di bidang komentar. Di mana dengan komentar ini, pemilik blog akan bisa lebih komunikatif dalam menjalin hubungan yang baik dengan pengunjungnya.


Apakah setiap komentar yang masuk ke dalam blog itu penting?
Memang sebagian ada yang tidak penting karena isi komentarnya tidak bermutu atau kurang relevan dengan isi postingan yang sedang dibahas. Komentar kentut yang hanya berkomentar untuk asal nyapa dan berharap kunjungan balik merupakan jenis komentar yang paling sering kita temui. Akan tetapi, apapun bentuk komentarnya kita sebagai pemilik blog harus bijak untuk membalasnya.

Mengapa menjawab komentar yang masuk ke dalam blog itu begitu penting?
Ada beberapa alasan penting dalam menjawab komentar di blog, antara lain:

1. Menambah jumlah komentar.

Saat kita menjawab setiap komentar di postingan blog, maka secara otomatis jumlah komentar yang ada dalam postingan tersebut akan bertambah. Lalu apa manfaatnya? Yup, jika semakin banyak komentar yang ada dalam sebuah postingan, maka hal ini akan sedikit banyak mendorong pengunjung lainnya untuk ikut berkomentar dalam postingan tersebut.

2. Menambah jumlah pengunjung.

Saat kita rajin membalas komentar di postingan blog, secara tidak langsung hal ini akan semakin menambah jumlah pengunjung dalam blog kita. Alasannya simpel, karena biasanya pengunjung yang mengunjungi blog kita bersifat hanya lewat, begitu pula saat mereka meninggalkan komentar di blog kita. Umumnya hanya sedikit di antara mereka yang kemudian kembali untuk melihat lagi apakah ada jawaban untuk komentar pertanyaan yang mereka tuliskan sebelumnya. Nah, jika kita menjawab komentar tersebut dan kebetulan orang yang menanyakan sesuatu lewat komentar tersebut kembali dan melihat bahwa komentarnya sudah terjawab, maka dia pun tidak akan ragu lagi untuk kembali dan terus kembali untuk datang mengunjungi blog kita.

3. Menambah kredibilitas kita di mata pengunjung.

Setiap komentar yang kita balas akan membuat pengunjung berpikir jika kita memang menguasai apa yang sudah kita tuliskan. Dan dengan kepercayaan tersebut akan membangun perspektif di mata pengunjung jika kita memiliki pengetahuan di bidang hal yang kita tuliskan tersebut. Misalnya blog kita bertemakan kumpulan resep masakan jawa. Ada banyak artikel yang kita buat tentang menu masakan jawa. Setiap ada komentar berupa pertanyaan dan hal lain dari pembaca yang merasa kurang jelas dengan artikel menu masakan jawa kita, selalu kita balas dengan baik. Maka, hal itu akan menciptakan sebuah branding dan perspektif di mata pengunjung jika kita memang ahli di bidang masakan jawa dan layak untuk di andalkan jika ada permasalahan yang patut untuk ditanyakan.

4. Menjadikan artikel menjadi semakin lengkap.

Yup, dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang masuk akan membuat artikel postingan blog kita menjadi semakin lengkap untuk dibaca. Komentar yang membangun akan melengkapi dengan cara memunculkan setiap detail kecil informasi yang terlewatkan. Sehingga, setelah ada banyak komentar yang masuk akan membuat pengunjung yang membaca akan semakin jelas dan paham dengan artikel yang sudah kita tulis.

5. Meningkatkan SEO.

Jika ada banyak komentar yang masuk terhadap sebuah postingan blog dan komentar tersebut banyak menuliskan keyword-keyword yang kita tembakan, maka hal ini akan sangat berpengaruh sekali dalam mempengaruhi kualitas SEO postingan blog tersebut. Semakin banyak keyword yang tertuliskan ulang dalam komentar akan membuat peluang artikel kita tersebut masuk halaman utama hasil pencarian search engine semakin besar saat ada orang yang menelusuri melalui keyword tersebut.

Menjawab komentar adalah rutinitas yang bisa dibilang menyenangkan, karena di sini lah kita akan merasakan kepuasan saat postingan blog kita diperhatikan dan diapresiasi dengan baik oleh pengunjung. Jangan menyalahkan waktu jika kita terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan kita, karena kita yakin jika kita dapat meluangkan waktu untuk sekedar memberikan jawaban kecil meski alokasi waktu yang kita berikan hanya 15 menit.

Menjawab komentar itu penting demi kelancaran komunikasi dengan pengunjung blog kita. So, bagi kawan-kawan yang tidak terbiasa untuk menjawab komentar pengunjung blognya mulai sekarang dibiasakan untuk rajin membalas ya? Hehe..
Yuk kita mulai mempraktikan dengan berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Selamat bertanya, menanggapi, dan berkomentar kawan..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment