Thursday, June 9, 2011

Kekurangan Guest Book

Kemarin kita sudah membahas apa saja yang menjadi manfaat dari guest book terhadap blog kita. Sekarang, kita akan kembali melanjutkan pembahasan kita mengenai apa saja kemungkinan dari kekurangan guest book yang berdampak pada blog kita.

 

Secara umum, guest book memang sangat bermanfaat bagi blog kita. Manfaat terpenting dari sebuah guest book adalah sebagai media untuk menampung seluruh apresiasi pengunjung terhadap blog kita. Akan tetapi, jika kita telusuri lebih jauh lagi, ternyata guest book memiliki kekurangan yang patut untuk kita jadikan bahan pertimbangan untuk kita apakah perlu untuk memasang guest book atau tidak.

Apa saja sih kekurangan dari guest book terhadap blog kita itu?

Mengurangi jumlah komentar dalam postingan blog.

Yup, masalah terbesar dan sekaligus sebagai alasan utama kenapa ada beberapa blogger yang enggan untuk memasang guest book di blognya adalah karena guest book pada faktanya mampu untuk mengurangi jumlah komentar di setiap postingan blog. hal ini terjadi karena sebagian besar pengunjung blog kita mampir ke blog kita dan memberikan komentar hanya “numpang nampang” untuk menunjukan kalau mereka sudah mengunjungi blog kita dan tentunya meninggalkan sebuah komentar yang mengharapkan kunjungan balik. Dengan demikian, guest book menjadi media yang pas untuk meninggalkan jejak kunjungan tersebut.

Umumnya blogger malas untuk membaca isi postingan blog kita, apalagi jika kurang menarik dan kurang memberikan manfaat. Karena itu, para pengunjung tidak punya bahan untuk dikomentari. Sehingga, saat mereka berkunjung ke blog kita, guest book menjadi media yang praktis dan mudah untuk mempromosikan blog mereka agar mendapatkan kunjungan balik, atau blogroll, hingga ajakan saling follow.

Menghabiskan ruang dalam blog.

Guest book menjadi salah satu pernak-pernik blog yang boros ruang dalam blog mengingat guest book umumnya memiliki ukuran form yang besar. Sebenarnya kita dapat mengantisipasi masalah ini dengan membuat hidden guest book. Akan tetapi, bagi blogger yang memiliki selera untuk menampilkan guest book muncul secara langsung, maka diperlukan kejelian untuk pandai-pandai mengatur  tata letak ruang agar desain blog kita tidak menjadi acak-acakan dan tetap tersusun rapi guna membuat pengunjung menjadi nyaman.

Memperlambat loading blog.

Guest book menjadi salah satu penyebab loading blog kita menjadi lambat. Hal ini dikarenakan guest book memiliki avatar yang berukuran besar, harus kontak dengan server penyedia guest book tersebut, sehingga dengan memasang guest book akan semakin memberatkan jalannya loading blog kita.

Jika kita ingin memasang guest book di blog kita, ada baiknya kita mempertimbangkan manfaat dan kekurang guest book terlebih dahulu. Sesuaikan dengan kebutuhan blog kita. Apakah guest book menjadi sebuah hal yang signifikan dibutuhkan untuk menunjang performa blog kita atau tidak? Guest book bukan lah sebuah hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap blog. karena itu, memasang guest book merupakan sebuah kebutuhan dan selera dari pemilik blog masing-masing.

Ada yang ingin berpendapat?
Ada juga yang ingin menanggapi?
Jika ada yang ingin bertanya juga boleh. Silakan semuanya dituliskan lewat kotak komentar ya kawan. Mari kita berbagi untuk kehidupan yang lebih baik!
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment