Monday, June 6, 2011

Menambahkan Emoticon Pada Guest Book Cbox

Guest book sebagai salah satu pernak-pernik blog memiliki peranan yang penting dalam menunjang keberhasilan membangun komunikasi yang efektif antara kita sebagai pemilik blog dengan para pengunjung. Hal ini bisa dilakukan karena guest book bisa menampung semua celotehan maupun pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pengunjung kepada kita terkait hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan postingan blog kita, entah itu ajakan untuk bertukar link atau blogroll, saling follow, ajakan untuk berkunjung balik, komentar tentang blog kita secara keseluruhan, request terhadap sebuah hal, dsb.

Untuk itu, kita harus pandai-pandai untuk membuat tampilan guest book sebaik mungkin agar setiap pengunjung blog tergoda untuk turut berpartisipasi menyumbangkan kata-kata sapaannya terhadap blog milik kita.

Jika kita kemarin sudah membahas bagaimana cara menambahkan emoticon pada guest book shoutmix, sekarang gantian kita yang akan membahas bagaimana sih caranya untuk menambahkan emoticon pada guest book cbox agar tampil lebih menawan dan menarik perhatian pengunjung.

Berikut ini merupakan langkah-langkahnya yang harus kita terapkan satu per satu.

Pertama, masuk terlebih dahulu ke akun cbox milik kita.

 

Klik options dan pilih bagian smilies.


Setelah muncul halaman baru, perhatikan bagian paling bawah. Klik tombol new row.

Nah, akan muncul kotak baru bukan? Isi dengan URL atau alamat emoticon baru yang ingin kita tambahkan. Masukan juga code dan alternatif code. Klik tanda silang berwarna merah untuk menghapus emoticon yang tidak kita sukai.


Kemudian klik save.

Klik publish!

Perhatikan step nomor 3. Salin semua kode HTML cbox kita yang baru dan tempelkan di blog kita.


Selesai.

Bagaimana caranya kita mendapatkan emoticon yang baru ini?

Pertama, kunjungi beberapa daftar situs yang menyediakan emoticon secara gratis.

Setelah itu, pilih emoticon mana yang kita sukai.

Ada beberapa situs yang dengan hanya mengklik gambar emoticon yang dimaksud akan langsung menampilkan URL emoticon yang dimaksud. Jika emoticon yang kita pilih sudah ada di situs tersebut, maka langkahnya mudah, karena kita bisa langsung mendapatkan URL emoticon kesukaan kita.

Jika saat kita mengklik emoticon yang sukai tapi URL untuk emoticon tersebut tidak muncul, tidak usah khawatir. Cara untuk mendapatkan URLnya adalah arahkan pointer mouse pada gambar emoticon yang kita sukai. Setelah itu klik kanan pada mouse dan pilih copy image location.

 

Buka tab baru pada browser kita. Setelah itu, pastekan hasil copy image location tadi pada tempat untuk biasanya kita menuliskan URL di browser. Akan muncul URL emoticon yang kita harapkan bukan? Untuk uji coba, klik enter untuk menampilkan hasil gambar emoticonnya. Nah, URL itu lah yang kita cari.

 

Contoh URL emoticonnya:

http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04234.gif

Bagaimana? Mudah bukan?
Yuk kita praktikin bersama-sama!
Jika ada yang masih bingung, kurang jelas, dan ingin bertanya, silakan tuliskan saja tanggapannya lewat kotak komentar di bawah ini ya kawan.
Salam blogger!

1 comment: