Wednesday, June 15, 2011

5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui Bag.II

Melanjutkan pembahasan yang kemarin mengenai 5 Aturan SEO Yang Perlu Kita Ketahui, untuk aturan SEO lain yang setidaknya perlu kita ketahui walau tidak harus semuanya kita jalani antara lain sbb.

 

1. Anchor text.

Apa itu anchor text? Perhatikan kode HTML di bawah ini.

<a href=”http://panduan-belajar-blog.blogspot.com” target=”_blank”> Panduan Belajar Blog </a>

Pada baris kode HTML di atas, yang dinamakan anchor text adalah Panduan Belajar Blog. Jadi, anchor text bisa kita terjemahkan sebagai sebuah text yang yang ditampilkan dan mengandung sebuah link di dalamnya.

Dalam menggunakan anchor text, usahakan untuk menggunakan kombinasi anchor text dan link yang benar. Misalnya ada link http://panduan-belajar-blog.blogspot.com/2011/03/kode-html-link.html, maka anchor text yang baik dari link tersebut adalah kode HTML link. Untuk contoh link tersebut jangan gunakan anchor text yang terlalu jauh menyimpang dari isi postingan link yang sebenarnya.

Anchor text dapat membantu search engine dalam mengindeks konten blog. Dengan penggunaan anchor text yang baik dan tepat, akan sangat membantu menaikan kualitas pagerank blog kita.

2. NoFollow.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silakan baca lagi artikel Blog DoFollow dan Blog NoFollow.

3. Link sculpting.

Link sculpting ini berguna untuk menyalurkan kualitas pagerank dai halaman utama blog kita ke halaman lainnya dalam blog kita. Biasanya orang akan memberikan backlink pada halaman depan blog kita saja, sehingga halaman itu lah yang memiliki nilai pagerank yang bagus. Nah, dengan link sculpting ini lah kita dapat mendistribusikan kualitas pagerank dari halaman ke halaman lain di blog kita agar menjadi naik. Karena setiap halaman tentunya akan memiliki kualitas pagerank yang berbeda-beda bukan?

Cara kerjanya adalah saat kita membuat postingan blog, kita memberikan kata dalam postingan tersebut dengan link yang mengarah ke halaman yang lain.

4. Title tag.

Tittle tag merupakan sebuah teknik SEO yang digunakan dengan cara membuat optimalisasi judul pada setiap postingan blog kita. Usahakan saat kita membuat postingan blog, pilih judul yang paling pas atau sesuai dengan keyword dari postingan tersebut. Selain itu, penggunaan title tag juga dilakukan dengan melakukan perubahan kode HTML pada template blog kita.

Untuk penjelasan lainnya mengenai title tag, silakan baca kembali uraiannya di halaman Teknik SEO On Page.

5. Meta tag.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai meta tag, silakan baca kembali uraiannya di halaman Teknik SEO On Page.

Bagaimana kawan?
Ada yang ingin ditanyakan?
Kalau ada yang kurang paham, silakan ditanyakan lewat kotak komentar ya.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment