Sunday, June 5, 2011

Menambahkan Emoticon Pada Guest Book Shoutmix

Sudahkah blog kita dipasangi guestbook?
Yup, guestbook yang menjadi salah satu pernak-pernik blog ini sangat lah wajib untuk kita miliki. Mengapa? Karena dengan guestbook akan membantu mengakomodir semua pesan dan celotehan yang ingin ditinggalkan oleh pengunjung sebagai jejak di blog kita yang tidak ada sangkut pautnya dengan materi isi postingan blog.

Dengan guestbook, blog kita juga akan terlihat lebih komunikatif. Iya, hal ini karena akan lebih memudahkan kita sebagai pemilik blog untuk berkomunikasi dengan pengunjung blog kita.

Lalu, bagaimana cara menampilkan guestbook ini dalam blog kita? Mudah sekali!
Kita tinggal pilih apakah ingin menampilkan guestbook dengan Shoutmix, menampilkan guestbook dengan Cbox, atau menampilkan guestbook dengan ShoutCamp.

Agar guestbook milik kita bisa terlihat lebih atraktif, friendly, dan menarik kita perlu melakukan beberapa modifikasi. Salah satunya adalah mengganti atau menambahkan emoticon baru ke dalam guestbook kita. Pada bahasan kali ini kita akan membahas bagaimana menambahkan emoticon baru ke dalam guestbook shoutmix. Bagaimana caranya?

Pertama, masuk terlebih dahulu ke akun shoutmix kita.

 

Saat masuk ke halaman settings, perhatikan bagian display. Klik smileys.

Setelah itu, perhatikan settings. Contreng pada bagian Use the default smileys set shown above, jika kita masih ingin menggunakan emoticon bawaan shoutmix.


Perhatikan bagian Custom smileys. Masukan URL atau alamat link dari emoticon yang ingin kita tambahkan pada kotak yang tersedia (Kotaknya panjang dan ada keterangan awalnya http:// sebagai petunjuk. Persis disebelah kanan New).


Masukan code dan (optional) pada dua kotak kecil yang ada di sebelahnya. Fungsi dari code dan optional ini adalah untuk memunculkan emoticon saat ada pengunjung yang menuliskan karakter yang sama dengan code dan optional tersebut. Setelah itu, klik add.

Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Saat semuanya sudah selesai, klik save settings.

Masuk ke bagian settings kembali.

Perhatikan bagian Quick Start, letaknya di sebelah paling kiri. Klik get codes.

Perhatikan Generated codes, salin kode HTML shoutmix kita yang baru dan tempelkan pada blog kita.

Selesai.

Keterangan:

Bagaimana caranya kita mendapatkan emoticon yang baru ini?

Pertama, kunjungi beberapa daftar situs yang menyediakan emoticon secara gratis.

Setelah itu, pilih emoticon mana yang kita sukai.

Ada beberapa situs yang dengan hanya mengklik gambar emoticon yang dimaksud akan langsung menampilkan URL emoticon yang dimaksud. Jika emoticon yang kita pilih sudah ada di situs tersebut, maka langkahnya mudah, karena kita bisa langsung mendapatkan URL emoticon kesukaan kita.

Jika saat kita mengklik emoticon yang sukai tapi URL untuk emoticon tersebut tidak muncul, tidak usah khawatir. Cara untuk mendapatkan URLnya adalah arahkan pointer mouse pada gambar emoticon yang kita sukai. Setelah itu klik kanan pada mouse dan pilih copy image location.


Buka tab baru pada browser kita. Setelah itu, pastekan hasil copy image location tadi pada tempat untuk biasanya kita menuliskan URL di browser. Akan muncul URL emoticon yang kita harapkan bukan? Untuk uji coba, klik enter untuk menampilkan hasil gambar emoticonnya. Nah, URL itu lah yang kita cari.


Contoh URL emoticonnya:

http://www.addemoticons.com/emoticon/animated/AddEmoticons04234.gif

Catatan, untuk pengguna shoutmix yang statusnya biasa (belum upgrade statusnya menjadi premium) hanya bisa menambahkan emoticon baru sebanyak 10 buah saja!

Wah, mudah bukan?
Yuk kita praktikin bersama agar guestbook kita terlihat lebih tampil menawan!
Kalau ada masalah dan kesulitan, silakan ditanyakan lewat kotak komentar di bawah ini ya?
Mari kita meraih kesuksesan bersama-sama! Sip? Yuk saling berbagi..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment