Thursday, June 2, 2011

Mengetahui Umur Blog dan Website Via Domain Tools

Pada pembahasan kemarin kita telah melihat ada beberapa situs yang dapat kita gunakan sebagai alat untuk mengetahui umur sebuah blog dan website secara mudah dan cepat. Nah, untuk itu mulai hari ini rencananya kita akan membahas satu persatu cara menggunakan masing-masing situs tersebut. Akan tetapi, karena menggunakan masing-masing situs tersebut dengan tujuan hanya mengetahui umur sebuah blog dan website itu sangatlah mudah, maka kita hanya menggunakan satu contoh situs saja yang akan dibahas.

Bagaimana dengan yang lainnya?
Pada dasarnya cara mengoperasikannya sama dan sangat mudah. Kita hanya perlu untuk membuka situsnya dan memasukan URL blog dan website yang ingin kita ketahui umurnya. Setelah itu, semua data yang berkaitan dengan blog dan website tersebut akan muncul secara lengkap. Pembahasan pertama kita gunakan sebagai acuan untuk melihat poin-poin penting apa saja yang perlu kita perhatikan. Jadi, selebihnya dapat kita mencobanya sendiri-sendiri ya? Hehe..

Untuk mengetahui umur sebuah blog dan website menggunakan situs domain tools, ada beberapa langkah mudah yang perlu kita jalani.

Pertama, kunjungi situs Domain Tools terlebih dahulu.


Setelah muncul halaman depannya, masukan URL situs yang ingin kita ketahui umurnya pada kotak Search Domain Ownership Records. Setelah itu klik search for domain. Misal, kita menggunakan situs detik.com sebagai contoh pembahasan.

Pada halaman berikutnya akan muncul informasi mengenai situs detik.com tersebut, termasuk umurnya yang bisa kita ketahui dari tanggal pembuatan.


Dari informasi tersebut, lihat di bagian whois record. Dari kumpulan keterangan tersebut terlihat dengan jelas bahwa situs detik.com dibuat pada 29 Mei 1998. Sehingga, untuk menghitung umurnya tinggal disesuaikan dengan tanggal hari ini bukan?

Selain itu, kita juga bisa melihat adanya informasi siapa pendiri dari situs detik.com beserta alamatnya, domain server yang digunakan, dsb.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai situs detik.com, kita bisa melihatnya dengan cara mengklik tampilan screenshot history yang terletak di sebelah kanan.

Ada beberapa tampilan halaman depan situs detik.com dari tahun ke tahun.


Di bawah tampilan tersebut, ada begitu banyak informasi atau keterangan yang berkaitan dengan situs tersebut.

Nah, untuk mengetahui umur sebuah blog dan website itu mudah bukan?
Akan tetapi, kita tidak bisa mengetahui umur secara pasti untuk blog yang masih menggunakan domain gratisan dari beberapa platform blog gratisan seperti .blogspot.com, .wordpress.com, dsb yang belum menggunakan TLD (Top Level Domain).
Ada yang sudah pernah menganalisis sebuah blog dan website menggunakan domain tools?
Jika ada, yuk kita bagi-bagikan pengalaman kita kepada sesama.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment