Sunday, April 24, 2011

Tips Mengoptimalkan Iklan PPC Lokal

Seiring dengan semakin banyaknya iklan PPC lokal atau buatan indonesia yang bertebaran di dunia maya, membuat semakin banyak pula blogger yang memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan online. Dari beberapa pernyataan yang muncul, kebanyakan dari mereka menggunakan iklan jenis PPC (Pay Per Click). Apakah kita juga salah satu di antaranya?

 

Karena keterbatasan persyaratan, biasanya kita lebih mudah untuk menggunakan iklan PPC lokal daripada iklan PPC luar negeri. Mengapa? Mungkin kita sulit di approve iklan PPC luar negeri karena bahasa blog kita tidak menggunakan bahasa inggris, traffic blog minim, dsb. Konsekuensinya kita harus menggunakan iklan PPC lokal sebagai solusi meski pendapatan yang kita dapatkan terbilang “recehan” dan tidak seberapa. Akan tetapi, sebenarnya kita juga dapat mengoptimalkan pendapatan kita dari iklan PPC lokal tersebut asalkan kita melakukan beberapa upaya optimalisasi sebagai berikut ;

Memilih Iklan PPC dengan bayaran tertinggi.

Nominal penghasilan yang kita peroleh untuk sekali klik atas iklan PPC lokal tidak begitu besar, sekitar ratusan rupiah. Untuk itu, kita dapat menyiasatinya dengan memilih untuk bergabung dengan program iklan PPC yang memberikan bayaran paling tinggi. Cukup logis bukan, sebagai upaya untuk meningkatkan penghasilan kita?

Menampilkan iklan pada posisi yang strategis.

Penempatan iklan pada format yang tepat akan semakin mengoptimalkan blog kita dalam menghasilkan pendapatan online. Karena itu, berikan perhatian yang serius untuk pemilihan tata letak iklan yang strategis di blog kita. Biasanya, penempatan iklan tepat di bawah judul postingan blog akan memberikan kita CTR (Click Through Rate) yang tinggi, atau dengan kata lain iklan kita tersebut berpeluang mendapatkan klik yang tinggi. Penempatan iklan di blog kita juga bisa di dasarkan pada desain di bawah ini.

 

Menampilkan Iklan PPC dengan jenis tampilan yang paling besar.

Jika kita berminat menempatkan iklan PPC sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan online, maka usahakan untuk menempatkan iklan PPC tersebut dengan jenis atau format model iklan yang paling besar ukurannya. Mengapa? Karena dengan iklan yang besar akan membuat pengunjung blog lebih mudah melihat tampilan iklan tersebut. Hasilnya, klik untuk iklan yang kita tampilkan tersebut akan bertambah banyak. Akan tetapi, ada konsekuensi lain yang perlu kita perhatikan juga. Dengan kita menempatkan iklan dalam ukuran besar, maka hal ini akan memakan banyak ruang di blog kita juga bukan? Pertimbangkan faktor kenyamanan pengunjung dalam membaca dan atur tata letak penempatan iklan yang rapi serta tidak membosankan.

Jangan menampilkan iklan dalam jumlah yang banyak.

Logikanya adalah semakin banyak iklan yang kita tampilkan, maka akan semakin besar pula kesempatan kita untuk mendapatkan penghasilan online. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak lah demikian. Iklan yang terlalu banyak dalam blog kita akan membuat pengunjung menjadi risih dan bosan melihatnya. Pengunjung justru enggan untuk mengklik iklan yang kita tampilkan tersebut. Banyaknya iklan PPC yang kita tampilkan terutama yang berjenis banner akan membuat loading blog kita semakin berat. Karena itu, tampilkan iklan PPC di blog kita dalam jumlah yang wajar. Usahakan untuk menampilkan iklan maksimal dalam tiga kelompok lokasi penempatan. Bisa di bawah judul postingan, di atas judul postingan, di bawah postingan, di sidebar, di bagian footer (bagian paling bawah dari blog), di samping header, dalam postingan, dsb.

Penghasilan yang akan kita terima untuk sekali klik dari iklan PPC lokal memang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan iklan PPC luar negeri. Akan tetapi, dengan upaya yang kita lakukan di atas akan semakin menambah peluang iklan kita dalam mendapatkan lebih banyak lagi penghasilan dari dunia internet. Jangan cepat mengambil kesimpulan dari upaya kita, karena untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam menjalankan bisnis online tersebut. Pada awalnya memang penghasilan dari iklan PPC tersebut kurang menjanjikan, tetapi dengan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah pengunjung blog maka kesempatan kita untuk mendapatkan penghasilan online pun akan semakin besar.

Ada yang sudah pernah mencoba iklan PPC? Bagaimana hasilnya?
Yuk kita bagi-bagikan pengalaman kita dengan berkomentar di bawah ini. Kalau ada yang kurang jelas juga bisa ditanyakan ya?
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment