Saturday, April 16, 2011

Membuat Tampilan Blog Versi Mobile

Penyebaran jaringan internet yang tidak merata membuat sebagian pembaca mengunjungi blog kita via mobile. Dengan biaya internet mobile yang cukup mahal, tentunya ini akan menjadi masalah tersendiri jika pembaca harus mengunjungi blog kita yang memiliki halaman blog dengan ukuran yang besar. Biasanya, satuan bayar untuk akses internet via mobile dihitung per volume halaman yang diaksesnya. Bayangkan saja jika halaman blog kita memiliki ukuran yang besar, tentu hali ini akan sangat merugikan pengunjung blog kita via mobile bukan? Permasalahan lain saat pembaca mengunjungi blog kita yang besar ukurannya via mobile adalah membuat loadingnya menjadi relatif lama. Tentu hal ini akan membosankan pengunjung karena mereka harus menunggu beberapa waktu untuk melihat tampilan seluruhnya.

 

Nah, bagaimanakah solusi untuk mengatasi kedua permasalahan di atas? Salah satu solusi untuk mempermudah akses pengunjung blog via mobile ke blog kita adalah dengan mengubah tampilan blog kita menjadi versi mobile saat diakses via mobile.

Bagaimana cara mengubah tampilan blog menjadi versi mobile tersebut?

Pertama, masuk terlebih dahulu ke akun blogger kita lewat draft.blogger.com.

 

Di bagian dasbor jika ada notifikasi template seluler, maka klik aktifkan template seluler.

 

Jika di bagian dasbor tidak ada notifikasi tersebut, maka kita perlu mengubah setting tampilan blog versi mobilenya terlebih dahulu. Caranya adalah klik pengaturan dan pilih bagian email dan seluler. Kemudian pada pilihan tampilkan template seluler, pilih ya, pada perangkat seluler, tampilkan versi seluler template saya.

Kemudian klik simpan hingga muncul notifikasi setting telah berhasil disimpan.

 

Sekarang, saat kita mengakses blog kita via mobile, maka tampilannya akan berubah secara otomatis ke versi mobilenya. Wao, cukup mudah bukan? Ada yang tertarik mencobanya?

Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ingin memberi tanggapan, silakan di share lewat kotak komentar ya kawan? Mari kita saling berbagi untuk hidup yang lebih berarti.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment