Tuesday, April 12, 2011

Guest Book Dengan ShoutMix

Salah satu pernak-pernik blog yang patut untuk kita miliki adalah guest book. Apa sebenarnya fungsi utama dari guest book ini? Selain digunakan untuk memberikan ucapan saling sapa, guest book juga bisa digunakan sebagai media untuk memberikan komentar yang tidak ada kaitannya dengan postingan blog kita. Bisa itu salam sapa, permintaan untuk follow dan backlink, serta komentar untuk pemberitahuan lainnya yang sifatnya pendek, ringkas, dan memicu keakraban antar pengunjung dengan pemilik blog. Di internet banyak sekali situs yang menyediakan widget kotak guest book secara gratis. Akan tetapi, untuk postingan ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan guest book dengan shoutmix.

Bagaimana cara menambahkannya?

Pertama kunjungi terlebih dahulu situs shoutmix.

 

Setelah itu, daftar terlebih dahulu bagi kita yang belum memiliki akun shoutmix.

 

Setelah pendaftaran selesai, akan ada verifikasi yang dikirimkan ke email kita untuk menyempurnakan proses pendaftaran. Untuk melengkapinya, terlebih dahulu kita harus masuk ke akun email kita dan mengklik link verifikasi yang telah diberikan tersebut.

 

Setelah link tersebut diklik, maka kita akan diarahkan langsung pada halaman shoutmix atas nama username kita. Pada halaman tersebut kemudian pilih bagian setting untuk melakukan pengaturan terhadap guest book milik kita.

Pada date and time, lakukan perubahan untuk letak waktu yang sesuai dengan daerah kita.

 

Pada style and colour, lakukan perubahan untuk bentuk tampilan guest book kita.

 

Lakukan juga untuk beberapa perubahan lainnya yang kita anggap perlu. Setelah selesai, klik get code untuk mendapatkan kode HTML/JavaScript guest book kita yang sudah jadi. Copy kode tersebut dan kemudian log out dari shoutmix.

 

Masuk akun blogger kita.
Klik fitur rancangan.
Klik klik add gadget dan pilih HTML/JavaScript. Kemudian pastekan kode yang telah kita copy tadi, setelah itu klik simpan.

Nah, sekarang blog kita sudah memiliki guest book yang baru. Mudah dan menarik bukan? Yuk dicoba! Ada yang sudah pernah mencobanya? Ada kesulitan? Kalau ada masalah atau pengalaman lainnya silakan dishare lewat kotak komentar ya kawan?
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment