Tuesday, April 19, 2011

Cara Membuat Read More

Dalam menuliskan sebuah postingan di blog, kita selalu menuangkan ide-ide apa saja yang ingin kita publikasikan. Apa saja kita tulis dan semau kita. Akibatnya, tidak jarang penulisan ide yang banyak membuat postingan kita menjadi panjang saat dipublikasikan. Masalah baru muncul ketika postingan tersebut tampil di blog. Karena satu postingan saja sudah panjang, tentu hal ini akan membuat halaman blog kita menjadi panjang karena postingan tersebut. Ingat, ini baru satu postingan saja. Biasanya kita menampilkan beberapa postingan di blog kita bukan? Nah, bagaimana hasilnya jika beberapa postingan yang panjang-panjang tersebut tampil di blog kita sekaligus? Tentu akan menyita banyak ruang bukan?

 

Bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut?

Kita perlu menggunakan trik read more guna memperpendek dengan menampilkan sebagian dari artikel yang kita postingkan tersebut. Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan sebagian dan menampilkan sebagian lagi artikel yang kita tulis di blog. Dengan demikian, kita pun dapat menghemat ruang dan dapat meningkatkan page views dari blog kita, karena pembaca perlu memuat ulang tampilan halaman dari postingan yang ingin mereka baca selengkapnya.

Bagaimana cara membuat read more ini?

Pertama, seperti biasa jika kit harus log in terlebih dahulu ke akun blogger kita.
Klik fitur rancangan.
Klik edit HTML.
Cari kode HTML berikut ini, <p><data:post.body/></p>.
Hapus kode di atas, lalu ganti dengan memasukan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/>
<a expr:href='data:post.url'><strong>Selengkapnya..</strong></a></p>
</b:if>

Klik simpan.
Setelah itu, klik pengaturan.
Klik bagian format.
Pada bagian paling bawah, ada tulisan template entri. Di sebelahnya ada kotak kosong bukan? Nah, masukan kode HTML berikut di dalamnya.

<span class="fullpost">


    </span>

Klik simpan dan selesai. Sekarang kita dapat mempublikasikan postingan artikel kita secara lebih ringkas dan hemat ruang dengan batuan read more.

Keterangan :
  • Gani tulisan selengkapnya dengan kalimat atau kata yang mengindikasikan pembaca untuk membaca artikel selengkapnya sesuai selera kita.
  • Saat kita hendak mempublikasikan postingan, hendaknya menulis di bagian edit HTML, bukan compose. Di bagian edit HTML tersebut akan muncul kode HTML yang tadi kita berikan. Tulisan yang tampil di halaman depan blog adalah tulisan yang ditempatkan sebelum kode <span class="fullpost">. Sementara yang ditempatkan di antara <span class="fullpost"> dan </span> adalah tulisan yang disimpan dan akan muncul ketika pembaca mengklik “selengkapnya” untuk membaca artikel secara keseluruhan.

Ada tanggapan?
Kalau ada yang ingin ditanyakan atau dikomentari silakan disampaikan saja lewat kotak komentar ya kawan..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment