Saturday, April 2, 2011

Manfaat Page Rank Sebuah Blog

Kemarin kita sudah membahas mengenai apa itu sebenarnya pengertian dari page rank sebuah blog. Sekarang, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa sih sebenarnya manfaat dari page rank blog kita itu?

 

Seperti yang kita tahu bahwa page rank menjadi salah satu fokus blogger dalam blog miliknya. Banyak upaya dilakukan untuk menaikkan page ranknya seperti melalui blogroll hingga membeli backlink. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat utama dari page rank yang tinggi dari blog yang kita miliki?

Menunjukan jika blog kita berkualitas.

Page rank merupakan sebuah indikator guna menandai sejauh mana kualitas dari sebuah blog. Semakin tinggi nilainya, maka akan semakin tinggi pula kualitas blog tersebut. Google beranggapan jika ada sebuah blog yang mendapatkan banyak link dari blog-blog lain karena rujukan berbagai konten, maka bisa dipastikan jika blog tersebut adalah blog yang berkualitas.

Menggiurkan untuk dikunjungi banyak pembaca.

Jika ada sebuah blog yang memiliki page rank tinggi, maka secara otomatis akan menggiurkan banyak pembaca untuk mengunjunginya. Kebanyakan alasan mereka mengunjungi tidak hanya karena konten yang dipublikasikan memiliki kualitas yang bagus, tetapi juga karena mereka berharap untuk bisa bertukar link agar page rank blog mereka nantinya juga ikut meningkat.

Menarik banyak advertiser untuk beriklan di blog kita.

Jika konten blog kita cukup berkualitas yang ditandai dengan tingginya page rank yang kita miliki, maka bukan tidak mungkin jika blog kita tersebut akan didatangi oleh sejumlah advertiser yang menawarkan program pengiklanan di dalam blog kita. Wah, tentunya kita akan mendapatkan sejumlah komisi atas space yang kita sediakan dalam blog kita bukan? Advertiser juga biasanya akan memantau apakah blog dengan page rank tinggi tersebut memiliki traffic pengunjung yang juga tinggi. Walau page ranknya tinggi sekalipun, tapi kalau jarang dikunjungi orang juga akan membuat advertiser berpikir ulang untuk memasang iklan. Sebab mereka sangat berharap jika iklan mereka itu juga dilihat oleh banyak pengunjung yang datang ke blog kita tersebut.

Memiliki kesempatan untuk mengikuti sejumlah program yang mendatangkan penghasilan tambahan.

Dengan bekal page rank yang tinggi akan membuat kita lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari beberapa bentuk program pengiklanan sebuah produk barang dan jasa. Mengapa? Karena ada juga beberapa program tersebut yang mengharuskan pesertanya untuk memiliki sebuah blog dengan nilai page rank tertentu. Misalnya adalah program paid to review. Di program tersebut banyak mengharuskan pesertanya memiliki blog dengan tingkat traffic dan page rank yang sudah ditetapkan. Paid to review merupakan sebuah program di mana kita akan mendapatkan sejumlah komisi atas review sebuah produk barang atau jasa hingga sebuah blog atau website yang kita tuliskan dalam postingan blog kita.

Memiliki nilai jual yang tinggi.

Jika ada blog yang page ranknya tinggi, maka hal itu akan berpengaruh pada nilai jualnya. Nilai jual apa? Yup, nilai jual dalam arti yang sebenarnya. Kita pun dapat menjual blog atau website yang kita miliki kepada orang lain. Nilai jual blog yang memiliki page rank tinggi akan sangat tinggi karena ini berkaitan dengan tingkat kepopulerannya. Logisnya adalah semakin tinggi page ranknya maka akan semakin populer juga blog tersebut.

Yup, itulah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari blog yang memiliki page rank tinggi. Akan tetapi, bukan berarti jika kita harus mati-matian untuk mendapatkan page rank tinggi guna mendapatkan blog yang berkualitas. Itu salah, karena page rank merupakan salah satu dari sekian banyak indikator blog yang berkualitas. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menikmati setiap aktifitas blogging kita itu sebagai sebuah hal yang menyenangkan.
Bukan begitu?

Ada yang ingin menambahkan? Kalau ada tanggapan jangan lupa disampaikan ya kawan?
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment