Friday, April 22, 2011

Cara Menampilkan Jam Di Blog Dengan ClockLink

Bagi sebagian blogger menilai jika menempatkan sebuah jam di blog mereka adalah ide yang bagus untuk variasi desain blog. Tujuan utamanya bukan untuk mengetahui jam berapa sekarang, tetapi cenderung lebih pada penekanan variasi desain atau pelengkap pernak-pernik blog. Dengan pemasangan jam pada posisi tata letak yang tepat, blog kita akan terlihat unik dan menarik. Akan tetapi, selain memerhatikan nilai estetika, kita juga harus memperhatikan tentang efek lainnya. Misalnya, dengan memasang jam secara otomatis loading blog kita akan sedikit melambat. Memasang jam juga dapat menumpuk widget yang “kurang berguna” bagi pengunjung.

 

Terlepas dari persoalan itu, jika kita ingin menempatkan jam di blog kita karena yakin dengan kehadiran jam tersebut akan bermanfaat bagi blog kita, maka keputusan untuk menempatkannya pun menjadi hal yang sah-sah saja.

Bagaimana cara menempatkan jam di blog kita itu? Kali ini kita akan membahas bagaimana menempatkan jam di blog dengan media clocklink.

Pertama, klik situsnya di clocklink.com.

 

Perhatikan sidebar sebelah kiri dari situs tersebut. Kemudian klik pada bagian Gallery.

Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan, seperti Newest, Ad Free, Analog, Animal, Animation, Count Down & Up Dark, Backgrounds, Digital, Holidays, Logo & Custom, Seasons, Sports, Transparent, Wallpaper. Ini merupakan menu pilihan berdasarkan kategori jenis jamnya.

Klik salah satu dari menu pilihan atas kategori jenis jam tersebut, sehingga akan muncul beberapa jenis jam sesuai kategorinya. Misal contohnya klik menu digital.

Pilih model jam mana yang kita sukai, kemudian klik view HTML tag. Sarannya adalah pilih model jam yang sesuai dengan blog kita. Perhatikan model, warna, ukuran, dan temanya.


Selanjutnya muncul halaman verifikasi. Klik accept.


Pada bagian terakhir, kita perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu terhadap widget jam yang akan kita pasang. Pilih warna yang kita inginkan, usahakan serasi dengan warna background blog. Pilih zona waktu di daerah kita, bisa berdasarkan waktu GMT maupun lokasi. Pilih lah ukuran jam yang akan ditampilkan di blog kita, usahakan serasi dengan ukuran sidebar blog. Jika blog kita terbagi menjadi dua kolom, biasanya ukuran lebar sidebar sekitar 250px. Akn tetapi jika blog kita terbagi menjadi tiga sidebar yang masing-masing sidebar sama lebarnya, bisanya lebar masing-masing sidebar sekitar 150px.


Terakhir, copy kode HTML yang diberikan di bagian paling bawah. Di sana ada dua kotak yang isinya kode HTML semua kan? Nah, biasanya yang sukses langsung menampilkan widget jam adalah kode HTML di kotak paling bawah atau yang kedua.

Pastekan kode HTML tersebut di blog kita. Bagaimana caranya?

Masuk ke akun blogger kita.
Klik fitur rancangan.
Klik add gadget.
Pilih HTML/JavaScript.
Masukan kode HTML widget jam kita tadi.
Klik simpan dan selesai.

Cukup mudah bukan? Ada tanggapan? Yuk kita ssaling berbagi tentang apa saja yang kita ketahui. Selama yang kita bagikan itu bermanfaat, kenapa tidak? Silakan berkomentar ya kawan..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment