Friday, April 15, 2011

Cara Menghapus Blog

Pernah tepikir untuk menghapus blog yang kita punya? Tapi tidak tahu cara menghapusnya? Mungkin dilatarbelakangi karena beberapa alasan pribadi dan bukan karena blog kita mengandung konten yang bisa di banned oleh google. So, bagaimana cara menghapus blog kita tersebut?

 

Pertama kita masuk dulu ke akun blogger milik kita.

Selanjutnya klik fitur pengaturan.

Klik bagian dasar.

Pada halaman tersebut di bagian alat blog akan terlihat beberapa pilihan, yaitu impor blog, ekspor blog, dan hapus blog. Pilih hapus blog.

 

Sebelum proses penghapusan dimulai akan muncul konfirmasi terlebih dahulu, apakah kita benar-benar ingin menghapus blog tersebut. Jika kita telah menghapusnya, maka kita dapat memulihkan kembali blog yang baru saja terhapus tersebut dalam tenggang waktu 90 hari. Kita juga diberikan pilihan apakah ingin mengekspor file-file postingan yang mungkin berguna dan perlu kita simpan. Mengekspor file merupakan proses download file postingan yang pernah kita publikasikan sebelumnya di blog yang akan kita hapus tersebut dalam bentuk file berekstensi .xml. fungsinya adalah saat kita ingin memasukan kembali postingan kita terdahulu, kita dapat mengimpor blog dengan cara memasukan file yang baru saja kita download tadi. Jadi, fungsinya di sini lebih bersifat pada backup data.

Klik hapus blog ini.

Sekarang blog kita pun sudah terhapus dan saat kita mengetikan URL blog kita maka akan muncul keterangan jika blog kita telah terhapus. Alamat yang baru saja kita hapus tersebut tidak dapat kita pergunakan lagi untuk beberapa waktu. Biasanya kita harus menunggu sampai kurang lebih satu tahun sebelum bisa menggunakan alamat blog itu kembali.

Bagaimana cara kita mengembalikan blog yang sudah kita hapus tersebut?

Selama masih dalam masa tenggang (kurang dari 90 hari dari waktu menghapus blog), kita masih dimungkinkan untuk memperbaiki dan memunculkan kembali blog kita. Akan tetapi, jika sudah lewat dari 90 hari maka blog kita pun sudah terhapus dan tidak dapat lagi dikembalikan seperti semula.

 

Cara memperbaikinya adalah pergi ke bagian dasbor. Pada dasbor akan terlihat blog yang kita hapus tersebut dan ini menandakan kalau blog tersebut masih mungkin untuk diperbaiki. Klik urungkan penghapusan blog ini. Dan kini blog yang telah kita hapus tersebut akan pulih kembali seperti semula.

Ada yang ingin menanggapi? Kalau ada yang masih ingin ditanyakan atau diragukan harap disampaikan lewat komentar ya kawan? Mari kita berbagi pengetahuan!
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment