Friday, May 20, 2011

Menampilkan Kalender Di Blog Dengan Calendar Labs

Pada bahasan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menampilkan kalender di sebuah blog. hanya saja yang membedakan antara postingan ini dengan yang sebelumnya adalah situs atau media yang kita gunakan untuk menampilkan kalender. Jika kemarin kita menggunakan free blog content, maka sekarang kita akan membahas menampilkan kalender di blog menggunakan calendar labs.

Pada dasarnya menggunakan situs manapun sebagai medianya itu sama, hanya saja kali ini kita akan bahas media yang lainnya guna menambah referensi kita sekaligus juga pengetahuan kita. Right?

Bagaimana cara menampilkannya ya?

Pertama-tama, kunjungi situs calendar labs ini.


Setelah itu, pilih tema tiap kalender yang kita sukai. Kemudian klik salah satunya.

Setelah muncul beberapa gambar sesuai tema yang kita pilih tadi, maka klik use this widget (untuk menggunakannya langsung) atau customize widget (untuk merubahnya sesuai keinginan kita).


Misalnya setelah itu kita akan merubah tampilannya terlebih dahulu sesuai keinginan kita (customize widget). Maka akan muncul beberapa pilihan pengaturan yang perlu kita ubah sesuai selera. Setelah beberapa pengaturan selesai kita ubah, kemudian klik preview and generate your code.


Nah, di bawah pengaturan tadi akan muncul kode HTML untuk menampilkan kalender di dalam blog kita. Selanjutnya, salin kode HTML tersebut.


Tempelkan kode HTMLnya ke dalam blog kita.

Masih ingat bukan bagaimana cara menempelkan kode HTML tersebut dalam blog kita?
Yup, mudah ko’.

  1. Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita.
  2. Klik fitur rancangan.
  3. Klik tambah gadget.
  4. Klik HTML/JavaScript.
  5. Tempelkan kode HTML tadi di dalamnya.
  6. Klik simpan.
  7. Selesai.

Mudah bukan?
Jika dibandingkan media sebelumnya melalui free blog content, dengan media calendar labs rasanya sedikit lebih enak. Mengapa? Ya, karena di situs ini kita diberikan sedikit kebebasan untuk merubah tampilan kalender sesuai selera kita. Bahkan kita juga dapat menggunakan gambar kita sendiri bukan? Hehe..

Ada tanggapan? Ada yang sudah pernah mencoba? Bagaimana hasilnya?
Jika ada pertanyaan, silakan sampaikan lewat kotak komentar ya kawan..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment