Thursday, May 19, 2011

Bisnis Online Menjual eBook

Bisnis online sekarang sudah menjadi pilihan banyak orang dalam bekerja. Meski tidak ada jaminan pasti untuk meraih kesuksesan, fakta menyebutkan jika bisnis online selalu berkembang dari waktu ke waktu semenjak terkenalnya internet di kalangan masyarakat. Orang-orang yang terjun dalam bisnis online ini umumnya tergiur oleh kisah sukses para pebisnis online yang berhasil meraup keuntungan maksimal meski tidak jarang ada sebagian di antaranya yang bersifat penipuan atau SCAM.

Bisnis online dapat kita jalankan dalam berbagai bentuk selama hal tersebut masih berkaitan dengan media online atau internet, seperti membuka Sekolah Blog, berjualan secara online, konsultasi online, dsb. Berkaitan dengan jual beli secara online, kita dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menjual ebook berkualitas premium kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Pada zaman yang serba modern seperti sekarang, banyak orang yang beralih dari penggunaan konvensional menjadi penggunaan yang berbasis elektronik. Selain lebih sederhana, semua hal yang berbasis elektronik juga dirasakan lebih efisien dan efektif dalam mendapatkan manfaat yang diinginkan. Misalnya, sekarang banyak yang sudah melakukan transaksi jual beli via online melalui ecommerce, pendidikan via online melalui elearning, ngobrol via chatting, dsb.

 

Nah, dengan adanya peluang bisnis online ini lah yang kemudian membuat banyak blogger memanfaatkannya sebagai media untuk berjualan ebook. Apa itu ebook? Secara harfiah, ebook berarti buku online. Maksudnya adalah sebuah buku layaknya buku pada umumnya, tetapi dikemas dengan media elektronik. Sehingga, buku ini hanya dapat dibuka melalui sarana elektronik yang mendukung program untuk membuka ebook tersebut, misalnya komputer dan HP.

Mengapa bisnis ebook menjadi pilihan?

Yup, latar belakang utamanya adalah masalah kepraktisan. Praktis dalam membuat, praktis dalam menjual, dan praktis dalam menerima hasilnya. Semua orang dapat membuat ebook dengan mudah. Tinggal bermodalkan wawasan tentang apa yang kita tulis, kita hanya perlu menuangkannya ke dalam bentuk ebook yang berbasis .pdf atau .exe. pembuatannya pun tidak memerlukan software khusus kecuali ebook berbasis .exe.

Masalah pemasaran? Mudah! Kita tidak perlu repot-repot datang ke percetakan untuk mencetak buku dan datang ke penerbit untuk menerbitkan buku. Tinggal bermodalkan email, “cling”. Ebook pun sudah langsung terkirim (terjual) kepada pihak pembeli. Praktis sekali bukan?

Bagaimana dengan hasilnya? Wao, jangan ditanyakan! Jika kita memang mampu menciptakan sebuah ebook dengan komposisi materi yang memang berkualitas, harga jual ebook yang mencapai ratusan ribu rupiah adalah sebuah harga yang wajar dan biasa kita jumpai di mana-mana. Bayangkan jika produk kita sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan kita mendapatkan banyak permintaan. Mungkin omset jutaan rupiah akan kita dapatkan dengan mudah bukan?

Apa saja yang harus kita perhatikan?

  1. Upayakan untuk menciptakan produk yang fresh dan original.
  2. Materi ebook harus lah menjangkau seluruh lapisan agar bidang pemasaran semakin luas.
  3. Kita memiliki persepsi yang kuat di mata orang sebagai penjual ebook karena kita merupakan ahli terpercaya di bidang materi ebook yang kita buat.
  4. Buat sistem referral untuk mempermudah proses pemasaran.
  5. Tetapkan harga yang pas.

Bagaimana? Cukup menarik bukan?
Kalau kita memang hobi menulis dan ahli dalam bidang tertentu, kenapa tidak mencoba membuat ebook? Yuk kita mulai berbisnis online dari sekarang.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blogging yang diselenggarakan oleh AstaMedia Group. Bagi pembaca yang berminat untuk mengikuti acara ini, silakan kunjungi link berikut ini Lomba Blog “Bisnis Online” AstaMedia Group untuk melihat keterangan selengkapnya.

No comments:

Post a Comment