Friday, May 6, 2011

5 Manfaat Penting Dari SEO

Sudah banyak diketahui blogger jika SEO sangat berperan penting dalam mendukung keberhasilan blog yang kita miliki untuk muncul di halaman terdepan hasil pencarian search engine atas kata kunci tertentu. Dengan hasil yang demikian tentu akan membawa dampak yang positif dalam rangka meningkatkan kunjungan ke dalam blog kita.


Selain manfaat di atas, apakah masih ada manfaat yang lainnya?
Yuk kita urai satu per satu Manfaat SEO bagi blogger seperti kita ini.

Blog mendapatkan posisi yang baik di halaman hasil pencarian search engine.

Hal ini adalah hal yang wajar apabila kita menerapkan Teknik SEO dalam blog kita. Sebuah blog yang sudah di desain khusus menggunakan rancangan SEO akan selalu tampil optimal dalam halaman hasil search engine. Mengapa bisa demikian? Menurut pendapat Master SEO, optimalisasi blog dengan Teknik SEO dapat memanipulasi blog kita hingga dapat muncul di halaman terdepan hasil pencarian search engine. Hal ini didukung karena metode yang digunakan dalam Teknik SEO ini selaras dengan metode search engine dalam mengindeks konten-konten yang ada dalam blog kita. Teknik SEO akan mudah mempercepat robot search engine dalam mengcrawl atau menjaring blog kita sehingga semua konten dalam blog kita dapat terserap dengan baik oleh search engine. Hasilnya? Ya, tentu saja ini akan mengoptimalkan posisi blog kita dalam hasil pencarian search engine.

Blog kita mendapatkan banyak kunjungan.

Hal ini berhubungan dengan manfaat di atas. Semakin sering blog kita muncul di halaman utama hasil pencarian search engine, maka kunjungan ke dalam blog kita pun akan semakin besar. Biasanya sumber traffic terbesar sebuah blog adalah melalui search engine. Nah, jika kita mampu memanfaatkan peluang ini dengan Teknik SEO yang baik, maka blog potensi kunjungan ke dalam blog kita pun akan semakin besar.

Orang awan melakukan searching bukan karena mereka ingin mengunjungi blog maupun situs mana yang mereka anggap bagus, melainkan karena mereka butuh informasi. Dan karena mereka tidak tahu di blog atau situs mana informasi yang mereka cari itu ditampilkan, maka mereka menggunakan serach engine. Nah, mereka juga kemunginkinan hanya akan mengunjungi blog yang muncul di halaman depan saja. Sangat jarang ada yang mengunjungi sampai ke halaman dua, tiga, empat, dst. Jika tidak ada informasi yang relevan, mereka pasti berpikir telah salah memasukan keyword dan berpikir untuk merubah dengan memasukan keyword yang lain. Bagaimana jika blog kita yang muncul di halaman utama? Dan bagaimana nasibnya jika blog kita yang muncul di halaman-halaman belakang? Di sini lah SEO berperan dalam membantu mengangkat kualitas blog kita.

Meningkatkan Alexa Traffic Rank.

Alexa Traffic Rank sangat berkaitan dengan jumlah kunjungan ke dalam blog kita. Semakin banyak total kunjungan orang ke dalam blog kita, maka peringkat Alexa Traffic Rank blog kita akan semakin bagus. Bagusnya peringkat Alexa Traffic Rank ini ditandai dengan semakin kecilnya nilainya. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu Alexa Traffic Rank, bisa dilihat penjelasannya di sini. Dan untuk melihat secara lebih jelas lagi bagaimana mendapatkan peringkat Alexa Traffic Rank yang baik, bisa dilihat penjelasannya di sini.

Peluang mendapatkan penghasilan online melalui iklan akan semakin besar.

Salah satu acuan yang diperhatikan advertiser dalam memasang iklan di sebuah blog adalah pagerank dan Alexa Traffic Ranknya. Semakin baik peringkat keduanya, maka potensi blog kita mendapatkan iklan pun akan semakin besar. Biasanya hal ini berlaku untuk jenis iklan PPC. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga untuk mendapatkan penghasilan melalui bisnis online yang lain. So, semakin banyak iklan yang tampil dalam blog kita maka juga akan membuat peluang kita mendapatkan penghasilan melalui bisnis online semakin besar bukan?

Blog kita menjadi terkenal.

Semakin sering blog kita muncul di hasil pencarian search engine, maka akan membuat blog kita semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi jika informasi yang kita berikan bermanfaat dan bisa membantu kesulitan mereka. Wah, pastinya blog kita akan selalu diingat dan selalu dikunjungi setiap mereka butuh informasi lainnya. Akibatnya? Lama kelamaan juga blog kita akan menjadi terkenal bukan? Tentu orang tersebut akan membagi-bagikan informasi jika blog kita itu berkualitas dan memiliki informasi yang bermanfaat kepada teman-temannya.

Nah, memahami dan menerapkan Teknik SEO dalam blog kita itu sangat bermanfaat bukan? Ada yang ingin menambahkan? Ada yang ingin share tentang pengalamannya sebelum dan sesudah menggunakan Teknik SEO?
Yuk kita bagi-bagikan kepada sesama kawan..
Ingat, ilmu yang tak bermanfaat itu ibarat pohon yang tak berbuah bukan? Sedangkan ilmu yang bermanfaat itu ibarat pohon yang berbuah. So, mari kita berbagi pengetahuan!
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment