Monday, February 28, 2011

Pernak-Pernik Dalam Sebuah Blog

Saat pertama kali membuat blog biasanya kita bingung mau diapakan blog kita itu. Khususnya masalah pernak-pernik, kadang kita merasa pusing memikirkan pernak-pernik blog apa saja yang cocok untuk kita sematkan dalam blog kita.

 

Nah, berikut ini ada beberapa saran untuk menampilkan beberapa pernak-pernik yang dirasa perlu untuk mendukung akses kemudahan pembaca maupun untuk mempercantik tampilan blog, seperti;

Buku Tamu

Buku tamu ini cukup penting ditampilkan untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung blog dalam menuliskan salam kunjungan mereka ke blog kita. Ada beberapa jenis buku tamu yang disediakan oleh pihak ketiga yang dapat kita coba, seperti shoutmix, cbox, dan shoutbox.

Profil

Bagi pengguna blogspot, menampilkan profil pada akun blogger kita juga menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dapat bermanfaat untuk lebih memperkenalkan diri kita kepada blogger lain sehingga akan lebih mudah dalam menjalin silaturahmi.

Follow

Widget ini juga penting ditampilkan guna menjaring jalinan silaturahmi yang lebih luas dengan blogger-blogger yang ingin berteman dengan kita. Tidak hanya itu, manfaat lain yang diperoleh adalah apabila kita memfollow sebuah blog maka kita akan mendapatkan update secara otomatis dari blog tersebut yang akan tampil pada bagian dasbor akun blogger kita.
Waow, menarik bukan?

Jam

Widget ini sebenarnya agak kurang produktif jika dipasang dalam blog kita. Mengapa? Karena jika pengunjung yang memang ingin melihat jam saat itu, pastilah dia akan melihatnya pada bagian kode jam di pc atau laptopnya, atau kalau tidak melihat langsung pada jam di rumahnya. Akan tetapi, untuk menambahkan kesan menarik pada tampilan blog, menambahkan jam juga tidak ada salahnya.

Polling

Jika kita ingin membuat sebuah survey kecil-kecilan dengan pengunjung, kita dapat memanfaatkan fasilitas widget polling untuk menjalankannya. Selain mendapatkan masukan yang berharga berupa tanggapan langsung dari pengunjung atas pertanyaan yang kita sampaikan, polling juga akan menambah kesan komunikatif antara pemilik dengan pengunjung blognya.

Masih ada banyak widget lainnya yang dapat kita tambahkan di blog baru kita. Akan tetapi, satu hal yang harus kita perhatikan di sini adalah pasanglah widget yang benar-benar dibutuhkan oleh blog kita! Jangan asal pasang sesuka hati! Mengapa? Karena selain membuat tampilan blog menjadi kurang menarik dan terkesan acak-acakan, hal ini juga akan membuat pengunjung menjadi bingung dalam menganalisis dan menyimpulkan termasuk jenis blog apakah blog kita ini.

Jangan lupa perhatikan untuk tidak memasang gambar atau video terlalu banyak di blog kita. Karena hal itu akan membuat loading blog kita menjadi berat yang pada akhirnya akan merugikan kita sendiri.

Blog yang bagus adalah blog yang simpel, tetapi jelas dan memikat. Maksudnya adalah secara keseluruhan tidak banyak pernak-pernik yang tercantum dalam blog tersebut, tetapi konsep tata letaknya jelas dan menarik. Sehingga akan membuat pengunjung menjadi nyaman dan kerasan saat menikmati apa saja yang kita suguhkan dalam blog kita. Betul?

Ok, cukup sekian dulu pembahasannya..
Kalau ada tambahan, silakan berkomentar ya kawan-kawan?
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment