Saturday, February 5, 2011

Membuat Postingan Di Blogger

Hai kawan semua..
Apa kabarkah hari ini? Masih baik-baik saja bukan? Yup, semoga hari-hari kita selalu di lindungi dan dilimpahkan rahmat, hidayah, dan inayahnya oleh Allah SWT. Amin..
Berbicara masalah blog, apakah kalian sendiri sekarang sudah memiliki sebuah blog? Jika belum, sekali lagi mari buat blog tersebut dengan langkah yang mudah dan praktis seperti panduan membuat sebuah blog di blogger seperti apa yang telah di berikan kemarin. Sekarang? Yup, saat kita belajar bagaimana caranya untuk mengisi blog yang telah kita buat tersebut dengan entri atau postingan, entah itu dapat berupa tulisan, gambar, video, dsb.

Ok, daripada kebanyakan intro, yuk langsung saja kita simak bersama-sama bagaimana membuat postingan di blogger dengan langkah yang mudah, praktis, dan benar.

Pertama, hal yang perlu kita lakukan adalah membuka situs blogger.com. setelah terbuka, akan muncul tampilan seperti terlihat di bawah ini;

 

Ketikan alamat email dan passwordnya yang dulu kita daftarkan saat membuat akun di blogger. Jika sudah, klik masuk untuk proses selanjutnya. Kita juga dapat mengisi kolom centang yang berisikan kalimat tetap masuk jika kita ingin tetap berada pada akun blogger kita meskipun browser sudah kita tutup dan kita belum sempat keluar. Sarannya adalah jangan centang kolom ini jika kita sedang menggunakan akun blogger di komputer atau laptop milik orang lain, apalagi di warnet. Mengapa? Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kita belum log out dan ada yang membuka situs blogger, maka secara otomatis orang tersebut akan digiring langsung untuk memasuki akun kita. Apa yang selanjutnya terjadi? Yup, bisa saja akun kita nantinya dibajak atau dipergunakan semena-mena tanpa tanggung jawab karena kelalaian kita tersebut. Jadi, meski agak merepotkan karena jika kita menutup browser dan harus log in lagi meski kita belum log out, sebaiknya tidak usah memberikan contreng pada kolom ini untuk berjag-jaga dari yang buruk terhadap akun kita.

Setelah kita log in, maka kita akan masuk pada halaman dasbor yang merupakan pusat pengendalian layaknya halaman admin untuk sebuah website. Klik tombol entri baru yang terletak pada kotak biru tebal di pojok paling kiri seperti terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Hiraukan tulisan-tulisan lainnya selain tulisan entri baru tersebut, karena sekarang ini kita sedang belajar untuk membuat sebuah entri baru sebagai postingan di blog kita. Untuk pembahasan mengenai fungsi dari masing-masing tombol lainnya akan dibahas secara lebih lengkap pada panduan berikutnya.

Jika sudah mengklik tulisan entri baru, maka kita akan memasuki halaman untuk membuat sebuah postingan baru sebagaiman tersaji seperti gambar di bawah ini;

 

Pada kolom judul, tuliskan judul postingan yang ingin kita buat. Buatlah sebuah judul yang menarik agar tulisan kita nantinya dapat memikat banyak pengunjung untuk membacanya. Jangan terlalu melenceng dari topik yang nantinya akan kita angkat dalam postingan yang akan kita buat.

Pada kolom isi dari entri atau postingan tersebut, gunakan untuk mengisi tulisan, video, foto, atau apapun yang ingin kita munculkan sebagai postingan dalam blog kita nanti. Kita juga dapat menggunakan alat bantu untuk mempercantik hasil postingan kita seperti menggunakan pengaturan undo dan redo, jenis huruf, ukuran huruf, tulisan tebal, tulisan miring, tulisan garis bawah, tulisan yang dicoret, warna tulisan, warna background tulisan yang hanya diberi warna tersebut, memberikan link pada tulisan, menambahkan gambar, menambahkan video, memberikan pembatas untuk tiap paragraf atau untuk sekedar pembatas, pengaturan letak tulisan (rata kiri, rata kanan, rata tengah, rata kanan kiri), memberikan numbering (daftar dengan angka), memberikan bullet (daftar dengan ikon), memberikan tanda petik untuk penekanan terhadap tulisan penting, menghilangkan format pengaturan tulisan yang telah dibuat sebelumnya, serta cek apabila terdapat salah pengetikan untuk bahasa yang baku. Tulislah tulisan yang menarik dan bermanfaat agar tulisan yang kita publikasikan nantinya dapat memperleh respon yang baik dan disukai oleh para pembaca.
Saat kita ingin menuliskan sesuatu atau menambahkan sesuatu berupa gambar dan video, gunakan kolom isian yang terdapat di dalam compose. Akan tetapi, jika kita ingin menambahkan sesuatu dalam postingan kita berupa tambahan yang mengandung kode javascript atau HTML, maka gunakan kolom isian edit HTML untuk meletakannya. Biasanya yang sering ditambahkan dalam postingan kita dan yang mengandung kode javascript atau HTML seperti iklan, kolom kontak seperti yang terdapat di blog ini, dan pernak-pernik blog lainnya.

Pada kolom label, berikan tulisan yang akan menjadikan postingan tersebut masuk ke dalam kategori label tertentu. Misalnya makanan, minuman, jalan-jalan, rekreasi, kendaraan, pendidikan, bisnis, dsb. Usahakan untuk memberikan satu label saja untuk satu jenis postingan agar nantinya kita akan lebih mudah untuk mengarsipkannya.

Jika semuanya sudah beres, klik tombol terbitkan entri untuk segera mempublikasikan postingan kita tersebut. Jika postingan kita belum jadi, kita juga dapat menyimpannya dalam bentuk konsep dengan mengklik tombol save now. Jika kita merasa ragu dengan hasil publikasinya nanti, klik saja pratinjau untuk melihat preview hasilnya.

Saat postingan tersebut berhasil kita terbitkan, maka akan muncul halaman konfirmasi yang menyatakan jika postingan yang baru saja kita buat tersebut berhasil diterbitkan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Bagaimana? Sampai di sini langkahnya cukup jelas dan mudah dipraktikan bukan? Yuk kita lanjutkan ke bahasan berikutnya.

Kita juga dapat mengedit postingan yang baru saja kita terbitkan tadi jika merasa ada sesuatu yang perlu dibenahi. Bagaimana caranya? Mudah, tinggal klik saja tulisan edit entri di sebelahnya entri baru dan akan muncul tampilannya sebagai berikut;

 

Klik edit jika kita ingin mengedit postingan yang telah kita buat tadi dengan beberapa perubahan yang ingin kita lakukan. Klik lihat jika kita ingin melihat hasil postingan kita tersebut dalam bentuk yang sudah dipublikasikan melalui blog kita. Jika kita ingin mempublikasikan postingan yang sebelumnya masih kita simpan dalam bentuk konsep, maka terlebih dahulu contreng kotak kecil di sebelah judul postingan dalam daftar tersebut lalu klik tombol publikasikan yang dipilih. Jika kita merasa bahwa postingan kita tidak diperlukan lagi, kita dapat menghapusnya dengan cara contreng kotak di sebelah judul posting tersebut dan klik tombol hapus yang dipilih.
Apabila kita kesulitan untuk menemukan postingan yang akan kita edit karena postingan tersebut sudah lama dan tidak termuat dalam daftar postingan di halaman edit entri, kita dapat menambah jumlah tampilan entri yang ditampilkan dalam halaman edit entri untuk menampilkannya. Jika dengan cara itu masih belum ketemu juga, maka gunakan fasilitas pencarian untuk menelusurinya dengan memasukan judul atau kata kuncinya. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan melihat postingan tersebut melalui label yang disediakan. Klik saja label apa yang dulunya kita berikan ke dalam postingan yang ingin kita cari tersebut.

Jika kita ingin membuat sebuah halaman statis yang biasanya terletak di bagian atas blog dan biasanya berisikan perihal seputar about me, contact us, dsb, kita dapat menggunakan fasilitas edit laman untuk membuatnya. Caranya adalah pertama klik dahulu edit laman hingga muncul tampilan gambar seperti di bawah ini;

 

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian entri baru tadi jika pada dasarnya adalah pembuatan laman atau halaman statis ini sama persis dengan proses pembuatan entri baru. Hanya saja dalam sebuah laman tidak terdapat label yang kita gunakan untuk pengarsipannya. Setelah laman yang kita buat selesai, klik tayangkan laman untuk mempublikasikannya ke dalam blog kita.

Setelah itu, proses selanjutnya adalah menentukan letak posisi dari laman yang akan kita terbitkan dalam blog kita. Ilustrasinya terlihat seperti gambar di bawah ini;

 

Kita dapat memilih apakah laman yang kita terbitkan tersebut akan kita tampilkan pada bagian atas blog, atau dibagian sidebar bawah, atau tidak kita tampilkan sama sekali dalam blog. Jika sudah kita pilih, maka klik tulisan simpan dan terbitkan.

Bagaimana hasilnya?
Hasilnya dapat kita lihat seperti gambar di bawah ini;

 

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat sebuah postingan dalam blog kita?
Yup, jika kita sudah bisa membuat blog di blogger, maka sekaranglah saatnya bagi kita untuk mengisi blog yang dibuat dengan postingan-postingan yang menarik dan bermanfaat agar banyak dibaca dan dikomentari oleh pengunjung blog kita. Usahakan juga untuk update blog dengan postingan secara teratur agar blog kita semakin ramai oleh pengunjung yang datang. Jangan pernah mempublikasikan hal-hal yang pada intinya dapat membawa keburukan baik itu pada diri sendiri maupun pada orang lain. Karena pada hakikatnya menulis di sebuah blog adalah untuk menyebarkan kebaikan dan manfaat bagi kita semua. Setuju..?

Selamat menulis semuanya,, semoga bermanfaat..!
Salam Blogger..!

1 comment:

  1. di situ ada tulisan link yang nantinya apabila di klik akan muncul di halaman lain, nah membuat halaman lainb itu dimana dan alamatnya juga bagaimana caranya..

    ReplyDelete