Tuesday, February 8, 2011

Fitur Pengaturan Dalam Blogger

Assalamu’alaikum blogger semua..
Apa kabar hari ini? Baikkah? Atau burukkah? Yup, semoga yang baik-baik selalu menyertai setiap langkah dalam hidup kita. Sejauh ini dalam mengikuti panduan belajar blog dalam blog ini apa kalian menemui kesulitan yang berarti dalam mempraktikannya? Tidak kan? Karena semua bahasan dalam blog ini ditulis dengan pemahan yang mudah agar lebih praktis dalam memandu kalian untuk belajar seputar dunia blogging.
Yup yup yup, untuk bahasan kali ini apa yang kita bahas lagi? Kali kita akan meneruskan bahasan yang bertemakan teknik blog dengan topik fitur pengaturan dalam blogger. Meski bagi para blogger hal ini sudah menjadi kebiasaan yang mudah, tapi tidak ada salahnya jika kita ulas kembali agar siapa tahu ada beberapa pengetahuan baru yang sebelumnya belum kita ketahui. Bagi para blogger pemula, yup inilah kesempatan bagi kalian untuk dapat belajar lebih banyak lagi seputar dunia blogging. Semoga tulisan ini nantinya dapat bermanfaat bagi kalian semua yaa..? Amin..

Ok, mari kita langsung saja bahas pada inti materinya. Seperti biasa, sebelum melakukan pengaturan ini terlebih dahulu kita harus log in ke akun kita di blogger dan pilih fitur pengaturan pada dasbor hingga nanti akan muncul halaman seperti tampak pada gambar di bawah ini;

 

Pada halaman tersebut telah tampak fitur pengaturan yang membahas mengenai pengaturan dasar.
  1. Alamat blog. Pada bagian ini ada pilihan yang dapat kita lakukan, apakah kita ingin meyimpan semua file postingan kita dalam format.xml dengan cara ekspor blog, memasukan file postingan ke blog kita melalui impor blog, atau kita ingin menghapus blog kita dengan cara mengklik hapus blog.
  2. Judul. Ini adalah bagian di mana kita dapat menuliskan judul apa yang nantinya akan muncul sebagai judul blog kita. Judul ini akan muncul pada header blog maupun tab pada browser kita.
  3. Uraian. Ini adalah bagian di mana kita ingin menambahkan uraian atau deskripsi mengenai blog kita. Kita dapat memasukan tag line atau slogan dari blog kita. Akan tetapi, usahakan agar kalimat yang kita masukan itu singkat mengingat maksimal yang bisa kita masukan hanya 500 karakter. Perhatikan juga agar uraian ini mudah diingat pembaca dan tidak memboroskan tempat dan membuat tampilan blog kita menjadi tidak nyaman untuk dilihat.
  4. Tampilkan blog anda ke daftar kami. Sebaiknya pilih ya, karena ini akan membuat blog kita di tampilkan dalam daftar blog yang berbasis blogger. Manfaatnya adalah blog kita akan semakin mudah untuk ditemukan di internet hingga pada akhirnya ini akan sangat bermanfaat sekali dalam menaikan jumlah pengunjung dalam blog kita.
  5. Biarkan mesin pencari menemukan blog anda. Ini sangat penting sekali untuk dipahami. Sangat dianjurkan untuk memilih ya agar blog kita dapat dideteksi dan ditampilkan keberadaannya di internet jika ada seseorang yang mencari informasi yang kebetulan ada dalam postingan di blog kita. Jika blog kita merupakan blog rahasia atau pribadi yang tak ingin ditampilkan dalam internet, maka pilih saja tidak.
  6. Tampilkan editing cepat di blog anda. Jika memilih ya, ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk melakukan editing secara cepat untuk beberapa elemen dalam blog kita seperti halnya pernak-pernik yang ada di sidebar saat kita menampilkan halaman blog kita dan pada saat itu juga kita telah log in dalam akun blogger. Biasanya hal ini dapat kita lakukan dengan mengklik icon obeng dan tang di sekitar masing-masing elemen blog.
  7. Tampilkan link posting email. Jika dipilh ya, maka ini akan membuat pembaca lebih mudah dalam mendistribusikan postingan kita melalui email mereka kepada teman-temannya.
  8. Konten dewasa. Sebaiknya pilih tidak jika dalam blog kita tidak memuat konten-konten yang berbau porno. Jika blog kita memang mengandung konten dewasa, maka sebaiknya untuk memilih ya guna memberikan halaman peringatan awal saat ada pengunjung yang akan mendatangi blog kita.
  9. Setting global, ini dilakukan untuk pengaturan pada semua blog yang kita miliki dan terdaftar dalam satu akun di akun blogger yang sedang kita atur ini.
  10. Pilih editor entri. Sebaiknya pilih editor yang dimutahirkan karena ini merupakan yang sangat disarankan oleg pihak blogger.
  11. Aktifkan transliterasi. Sebaiknya pilih saja nonaktifkan.

Bahasan selanjutnya  adalah pengaturan untuk publikasi seperti terlihat dalam ilustrasi gambar di bawah ini;


Kita dapat mengubah alamat blog kita dengan domain baru berekstensi .com, .net, .info, .org, .co.id dengan mengklik domain ubah sesuaian. Ingat, semua contoh domain di atas adalah domain yang berbayar. Artinya kita perlu melakukan sewa untuk memiliki domain tersebut dan mengeluarkan sejumlah biaya sewa pertahun.
  1. Alamat Blog*Spot. Ini adalah alamat yang kita gunakan saat ini. Kita dapat mengganti alamat blog kita dengan melakukan perubahan atas alamat yang sudah kita tuliskan dalam kotak alamat blogspot ini.
  2. Verifikasi kata. Ini digunakan sebagai pencegah spam saat kita mengganti alamat blog kita menjadi alamat baru.

Lanjut, sekarang kita akan membahas materi pengaturan format dari blog kita seperti yang telah tampak dalam gambar di bawah ini;

 

  1. Tampilkan sebanyak mungkin. Ini adalah pilihan untuk menampilkan berapa jumlah postingan kita yang akan muncul di halaman depan blog milik kita.
  2. Format header tanggal. Pilihlah salah satu model tanggal yang nantinya akan muncul di header atau di atas postingan kita untuk menunjukan kapan kita menerbitkan postingan tersebut di blog kita.
  3. Format tanggal indeks arsip. Ini adalah bentuk format tanggal yang akan muncul dalam arsip blog yang kita tampilkan. Pilih salah satu yang kita sukai.
  4. Format timestamp. Pilih juga model waktu yang akan ditampilkan untuk menandai jam berapa postingan dalam blog kita tersebut masing-masing diterbitkan.
  5. Zona waktu. Pilih zona waktu sesuai lokasi kita. Di indonesia menggunakan zona waktu GMT+7.
  6. Bahasa. Pilih juga model bahasa yang kita pakai dalam postingan blog kita.
  7. Konversi ganti baris. Sebaiknya biarkan saja dalam posisi ya agar kita secara otomatis tidak perlu lagi melakukan ganti baris saat membuat postingan dengan kode HTML <br/>, tetapi cukup dengan menekan tombol enter saja.
  8. Tampilkan field judul. Sebaiknya pilih ya.
  9. Tampilkan kolom link. Sebaiknya pilih tidak.
  10. Aktifkan perataan float. Sebaiknya pilih ya.
  11. Templat entri. Ini adalah kotak yang menampilkan apapun baik berupa kode HTML maupun tidak setiap kita menampilkan postingan baru.

Untuk pengaturan selanjutnya adalah pengaturan untuk komentar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai pengaturan komentar ini telah dijelaskan beberapa hari yang lalu. Kalian dapat melihat postingannya di sini.

Selanjutnya adalah pengaturan arsip yang ilustrasi gambar halamannya dapat kita lihat seperti di bawah ini;

 

Pada pengaturan arsip ini kita hanya diberikan opsional untuk memilih waktu pengarsipan untuk semua postingan dalam blog kita. Apakah kita akan memilih pengarsipan perbulan, perminggu, atau pertahun.

Pengaturan selanjutnya adalah mengenai pengaturan feed situs dengan tampilan halaman seperti gambar di bawah ini;

 

  1. Izinkan feed blog. Sebaiknya pilih penuh untuk menampilkan seluruh isi entri, komentar dan umpan komentar per entri kita saat ada pembaca yang langganan blog kita melalui layanan feed ini.
  2. Posting URL pengubahan arah feed. Kosongkan saja jika kita tidak menggunakan layanan lain atau pihak ketiga semisal feedburner untuk pengaturan layanan feed kita. Alamat feed kita yang merupakan bawaan atau default adalah http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default.
  3. Footer feed posting. Ini adalah bagian yang dapat kita gunakan untuk menambah apapun yang ingin kita tambahkan dan akan muncul pada setiap footer dalam posting di blog kita.

Pada pengaturan selanjutnya adalah mengenai pengaturan email dan seluler seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

  1. Alamat blogsend. Masukan alamat email yang ingin kita kirimi pemberitahuan jika ada sesuatu yang baru dalam blog kita.
  2. Alamat pengeposan via email. Sebaiknya nonaktifkan saja pilihan ini.

Berlanjut pada pengaturan berikutnya adalah mengenai openID yang ilustrasinya terlihat pada tampilan di bawah ini;

 

Tidak ada pengaturan yang signifikan untuk diterapkan dalam pengaturan ini. Pengaturan ini hanya berguna pada saat kita memberikan komentar pada blog lain. Akan tetapi, pada kenyataannya kita jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan openID sebagai identitas kita saat berkomentar. Jadi, jika tidak ada perubahan dalam blog kita sebaiknya biarkan saja pada bagian ini pengaturannya dilakukan secara default.

Pada pengaturan selanjutnya dan sekaligus yang terakhir adalah mengenai pengaturan izin seperti ilustrasi gambar di bawah ini;

 

  1. Penulis blog. Kita dapat mengundang orang lain untuk menulis dalam blog kita. Meski demikian, orang yang kita ajak tersebut tetap tidak akan bisa mengutak-atik blog milik kita karena pengaturan ini hanya memungkinkan orang yang kita undang tersebut melakukan posting dan tidak lebih dari itu.
  2. Pembaca blog. Pilih siapapun agar blog kita terbuka untuk umum.

Yup, itulah tadi beberapa fungsi dari masing-masing fitur pengaturan. Banyak sekali bukan? Hehe..
Namanya juga proses belajar, jadi harus banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Betul? Untuk itu, jangan pernah malas untuk menambah pengetahuan agar kualitas diri kita semakin berkembang dari waktu ke waktu. Semangat..!

Pengaturan yang paling mendasar dari blog berbasis blogspot atau blogger terletak pada postingan kita kali ini. Cermati baik-baik jika masih ada di antara kita yang belum mengerti tentang fungsi-fungsinya. Oia, jangan lupa untuk menyimpan setiap perubahan atas pengaturan yang telah kita lukukan dengan mengklik tombol simpan tampilan. Kita dapat melakukan perubahan apapun untuk pengaturan ini, tapi yang paling penting adalah pengaturan tersebut tidak hanya memberikan kepuasan pada kita saja sebagai pemiliknya karena kita juga harus memperhatikan kenyamanan pembaca yang selalu setia mengunjungi blog kita. Rasakan seolah-olah kita sebagai pembaca yang mengunjungi blog kita sendiri. Apakah kita merasa puas dengan pengaturan yang telah kita lakukan? Jika sudah, berarti tidak ada masalah lagi dari segi kenyaman membaca bagi para pengunjung blog kita. Ingat, pada intinya pengunjung  itu datang ke blog kita untuk membaca dan berharap untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. Jadi, perlakukan kenyamanan pengunjung kita dengan pengaturan blog sebaik mungkin.

Yup, selamat berkreasi lagi yaa..
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment