Wednesday, March 2, 2011

Apa Sih Motivasi Kita Blogging ?

Banyak yang menganggap blogging itu tak lebih dari aktifitas corat-coret diari online. Tapi, apa itu benar? Salah! Itu hanya asumsi orang-orang yang belum mengerti apa itu sebenarnya blogging. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam aktifitas blogging tergantung dari motivasi awal kita menjalankannya.

 

Secara umum, kenapa kita blogging?

Hobi menulis

Yup, ini adalah alasan paten kenapa blogger itu menjalankan aktifitas blogging. Bayangkan saja di zaman yang sudah serba IT ini kita masih corat-coret menumpahkan perasaan kita lewat buku diary? Apa kata dunia???
Selain mencegah global warming, bukankah kalau kita menulis secara online lewat blog kita juga akan mendapat kebanggaan tersendiri karena sedikit banyak sudah mengetahui pengetahuan tentang blogging?

Berbagi informasi

Saat diri kita terangkat karena informasi yang kita dapatkan dari orang lain, biasanya secara psikologis kita juga akan terpacu untuk menyebar luaskan kembali kebaikan informasi tersebut kepada orang lain sebagai dharma baktinya. Betul?

Nah, di sini lah peran blog sebagai media penyebar luas informasi layaknya sebuah website digunakan. Sangat menyenangkan bukan jika kita berbagai informasi yang baranfaat bagi orang lain?

Keuntungan komersial

Bagaimana caranya?
Gampang, banyak program iklan yang ditawarkan untuk menghasilkan keuntungan melalui blog. Contoh nyatanya adalah iklan PPC (pay per click) yang sering ditampilkan di blog-blog milik blogger. Ini lah motivasi terbesar bagi para blogger pemula yang memutuskan untuk terjun dan bergabung di dunia blogging karena iming-iming besarnya keuntungan yang bisa didapatkan.

Iseng

Kadang juga ada blogger yang hanya iseng menjalankan aktifitas bloggingnya karena coba-coba untuk mendapatkan pengalaman baru. Memang tidak ada salahnya sih, tapi jangan harap dengan niat seperti ini akan membuat kita bertahan lama di dunia blogging.

Ikut program affiliasi

Apa itu affiliasi? Secara sederhananya adalah program ini ditujukan untuk mempromosikan produk induk dan kita akan mendapatkan komisi atau bayaran jika ada pembeli yang membeli produk induk tersebut lewat penawaran dari kita. Bisa dikatakan re-selling atau refferal. Nah, untuk itu blog digunakan sebagai media pemasarannya.

Toko online

Karena pertimbangan FREE, blog dipilih sebagai home base alias toko online bagi sebuah perusahaan atau penjual untuk memasarkan produk barang dan jasa mereka daripada harus membuat website yang kebanyakan memerlukan biaya untuk sewa domain dan web hostingnya.

Komunitas

Blog juga digunakan sebagai wahana online bagi komunitas-komunitas tertentu yang ingin menunjukan eksistensinya di dunia maya.

Apa motivasi kita dalam menjankan aktifitas blogging?
Apa sudah termuat seperti yang sudah disampaikan? Jika belum, mohon tambahannya ya lewat komentar. Ok?
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment