Friday, February 4, 2011

Membuat Blog Di Blogger

Hallo semuanya..
Apa kabar hari ini? Masih semangat untuk mengikuti semua panduan belajar blog dari blog ini..? Yup, semoga semangat kalian dalam belajar tak pernah padam dan akan selalu mendapatkan hasil yang terbaik dari proses pembelajaran ini! Amin..

 

Ok, untuk hari ini apa yang akan kita bahas? Setelah kemarin kita banyak mengulas masalah yang berkaitan dengan nonteknis, sekarang kita akan mencoba untuk masuk ke dalam masalah teknisnya dengan permulaan bagaimana membuat sebuah blog di blogger. Yup, meski kelihatannya mudah dan pasti banyak yang sudah tahu, tapi tidak ada salahnya jika panduan tersebut kita bahas lagi agar beberapa teman kita yang baru bergabung dalam dunia blogging yang belum tahu apa-apa sama sekali bisa lebih mudah lagi dalam usahanya membuat, memiliki, dan mengembangkan sebuah blog. Dan bagi kalian yang sudah bisa, siapa tahu dengan panduan yang akan kita bahas bersama nanti ada beberapa pengetahuan baru yang semula belum kita ketahui bersama.
Ya sudah, yuk kita mulai saja bersama-sama panduan membuat blognya. Diperhatikan ya..?

Untuk langkah pertama, ketikan alamat blogger.com pada search engine hingga kita menemukan halaman depan situs blogger sebagai berikut;

 

Setelah itu, klik tulisan Get Started atau Memulai untuk mengawali langkah membuat blog kalian.

Akan muncul tampilan halaman untuk membuat akun kita di blogger seperti yang termuat dalam gambar di bawah ini;

 

Alamat email. Ini adalah alamat email yang nantinya akan selalu kita gunakan untuk proses log in ke dalam akun blogger kita saat blog kita sudah jadi. Pastikanlah sebelum kita membuat blog ini kita terlebih dahulu telah memiliki alamat email yang biasa kita gunakan. Jika belum, maka segeralah membuatnya. Usahakan agar email yang kita gunakan adalah gmail atau layanan email yang berasal dari google agar kita tidak perlu lagi proses sinkronisasi untuk konfirmasi saat blog kita sudah jadi nantinya.
Ketik ulang alamat email. Pada kotak yang tersedia tersebut jangan lupa untuk mengetikan alamat email persis seperti alamat email yang telah kita ketikan pertama tadi. Tujuannya adalah sebagai konfirmasi agar kita tidak salah ketik saat mengisikan alamat email.
Masukkan sebuah password. Yup, pada kotak ini masukanlah sebuah password unik untuk menjaga kerahasiaan aku kita dari orang lain. Panjang password setidaknya minimal adalah delapan karakter. Sarannya adalah gunakan password yang merupakan kombinasi antara huruf dan angka agar lebih aman. Gunakan pilihan karakter yang menurut kita aman dan tidak banyak yang tahu. Jangan gunakan karakter asal yang pada intinya banyak orang di sekitar kita yang sudah tahu akan hal itu, seperti nama belakang, nomor telepon, nama keren, nama suami atau isteri, nama anak, nama atau angka kesayangan, dsb.
Ketik ulang sandi. Ini juga sebuah kotak yang mewajibkan kita mengisikan password sama persis dengan password yang telah kita ketikan pertama kali tadi. Tujuannya adalah untuk mencegah agar kita tidak salah ketik.
Nama tampilan. Nama tampilan ini merupakan nama yang akan muncul untuk menandai postingan kita. Maksudnya adalah saat kita mempublikasikan sebuah postingan, di bagian bawah postingan biasanya akan terdapat pernak-pernik nama pempublikasi, keterangan waktu, label, jumlah komentar yang masuk atas postingan itu, dsb. Nah, orang yang mempostingkan itulah yang namanya akan sama dengan nama tampilan yang nantinya akan kita isi pada kotak nama tampilan yang tersedia ini.
Ulang tahun. Ini hanyalah sebagai pelengkap profil kita di akun blogger. Bisa kita ketikan secara lengkap meliputi hari/bulan/tahun kelahiran kita.
Verifikasi kata. Perhatikan kata samaran yang muncul untuk kode verifikasinya. Setelah kita yakin dengan karakter yang terlihat tersebut, masukan ke dalam kotak yang tersedia di bawahnya dengan benar agar proses pembuatab akun berjalan lancar dan kita tidak bolak-balik mengulanginya karena kesalahan memasukan karakter untuk verifikasi. Apa sih fungsinya kode verifikasi karakter ini? Yup, fungsinya adalah untuk mencegah adanya spam yang masuk ke dalam sistem dan melakukan pendaftaran akun secara otomatis dan tidak terkendali. Jika hal ini sampai terjadi, tentu blogger akan sangat dirugikan karena kecolongan bukan? Dan untuk diketahui saja jika spam ini sangat berbahaya, terutama dalam menularkan virus dan sebagai bagian dari tindakan hacking orang-orang tidak bertanggung jawab.
Penerimaan persyaratan. Ketikan tanda contreng pada kotak kecil di sebelah kata saya menerima persyaratan dan layanan sebagai tanda jika kita telah menerima semua peraturan blogger dalam membuat sebuah blog. Intinya adalah kita tidak diperkenankan untuk melakukan tindak kecurangan dengan media blog yang kita buat. Misalnya adalah kita hanya memanfaatkan blog kita untuk mencari kekayaan secara online dengan memasang banyak iklan dan hanya mengisi blog kita itu dengan postingan-postingan hasil copas atau salinan dari blog lain. Jika hal ini terjadi, bisa saja kita telah melanggar ketentuan yang telah disepakati di awal dan membuat blog kita bisa dibanned blogger karena beranggapan jika blog kita dianggap sebagai spam.
Setelah itu, klik tombol lanjutkan dan kita akan memasuki tahap kedua untuk membuat nama blog.

Setelah halaman untuk membuat nama blog selesai dibuka, akan muncul tampilannya seperti gambar berikut;

 

Judul blog. Nama judul blog ini adalah nama blog yang akan muncul pada halaman profil kita, di dasbor, dan nama blog saat kita publikasikan seperti yang terlihat pada header halaman blog kita dan terletak juga pada tab di browser yang kita pakai.
Alamat blog (URL). Ini merupakan alamat blog yang nantinya akan kita miliki yang diikuti dengan akhiran domain .blogspot.com. karena sekarang ini sudah banyak sekali para blogger yang menggunakan blogger sebagai platform blog mereka, maka bisa jadi nama url blog yang kita inginkan sudah dimiliki oleh orang lain. Untuk itu, sebelum kita mulai untuk proses pembuatan blog ini, ada baiknya jika kita mencoba mengisikan alamat blog yang kita inginkan apakah sudah dimiliki orang lain ataukah belum.
Verifikasi kata. Seperti pada bagian sebelumnya, tetap cermati apa karakter yang dimunculkan dan kemudian ketikan karakter tersebut dalam kotak yang tersedia secara benar agar proses tidak terhenti dan terpaksa harus kita ulangi lagi.
Setelah semuanya selesai, ketik lanjutkan untuk memulai melangkah ke bagian selanjutnya.

Pada bagian selanjutnya kita akan memilih berbagai template bawaan dari blogger yang akan kita peroleh seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Pilih salah satu yang terlihat menarik bagi kita. Setelah kita pilih salah satu template tersebut, kemudian klik lanjutkan untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Jika kita tidak suka dengan model template bawaan dari blogger, kita dapat menggunakan template yang disediakan oleh pihak ketiga secara gratis saat blog kita sudah jadi nanti dengan cara mengganti template yang sudah ada. Akan tetapi, untuk langkah pembuatan blog ini kita tetap harus memilih template bawaan blogger untuk kita gunakan agar kita bisa melangkah ke proses selanjutnya.

Yup, inilah yang kita tunggu-tunggu. Pada bagian kali ini blog kita sudah resmi jadi dan kita akan melihat tampilan konfirmasinya seperti gamabar berikut;

 

Setelah itu, klik saja mulai blogging dan kita akan mulai berselancar di dunia blogging dengan blog yang telah kita miliki.

Pada halaman pertamanya, kita akan dibawa langsung ke halaman untuk membuat sebuah postingan atau entri untuk mempublikasikan konten untuk pertama kali. Baik itu tulisan, foto, maupun video.

 

Yup, blog kita resmi sudah jadi. Untuk melihat seperti apa tampilan blog kita, klik saja lihat blog dan kita akan dibawa untuk melihat bagaimana tampilan blog kita untuk yang pertama kalinya. Sampai tahap ini kita sudah selesai untuk proses membuat blog. Untuk penjelasan teknis mengenai bagaimana menjalankan edit pengaturan pada posting, pengaturan, komentar, rancangan, dan statistik akan kita bahas pada postingan berikutnya. Jadi, sabarnya ya semuanya..?
Selamat menikmati blog baru yang sudah kita buat! Bagaimana kesan pertamanya? Menyenangkan bukan? Dan yakinlah jika kesenangan kita itu akan terus bertambah ketika kita terus semakin menggali pengetahuan yang ada dalam dunia blogging ini. Jadi, jangan pernah lewatkan pengetahuan yang akan dibagikan seputar dunia blogging secara lengkap hanya di blog ini!

Selamat menikmati blog baru..
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment