Monday, February 7, 2011

Fitur Komentar Pada Blogger

Hai semuanya..
Apa kabar hari ini..?
Yup, kembali lagi di hari yang indah ini kita akan belajar lagi mengenai bahasan yang tak akan pernah habis untuk dibahas apalagi kalau bukan membahas masalah seputar dunia blogging. Saya pribadi sebagai admin sekaligus penulis tetap di blog ini menyampaikan banyak banyak banyak terima kasih atas kesetiaan pembaca semua dalam mengikuti panduan belajar blog ini dengan penuh antusias. Terima kasih semuanya..
Yup yup,, sebagai tanda terima kasihnya, ada beberapa ebook gratis yang diberikan sebagai oleh-oleh karena selalu setia mengunjungi blog ini.


Daripada kebanyakan intro, yuk kita langsung bahas saja topik kita pada hari ini. Blogger! Siapa yang sampai sekarang masih belum tahu apa itu blogger? Selain sebutan yang ditujukan bagi pemilik blog seperti kita, blogger merupakan salah satu platform penyedia jasa layanan pembuatan blog gratisan yang memiliki domain blogspot.com seperti yang dipakai oleh blog ini. Berkaitan dengan blogger ini, kita akan membahas mengenai pengaturan komentar pada semua blog yang berbasis blogger. Mengapa? Yup, karena pada blogger sekarang menyematkan fitur baru untuk mengatur semua komentar yang masuk ke dalam blog kita.
Jadi, setiap ada komentar yang masuk ke dalam blog kita, kita dapat melakukan pengaturan terhadap komentar tersebut sesuai kehendak kita selaku administrator. Hmm,, menarik bukan? Lalu, bagaimana kita memulainya? Yuk kita perhatikan bersama pembahasannya..

Pertama, sudah jelas kita harus masuk dulu ke dalam akun blog kita dengan mengetik blogger.com terlebih dahulu di search engine. Setelah muncul halaman depan blogger, masukan alamat email dan password kita untuk log in ke dalamnya. Jika log in kita berhasil, akan muncul halaman dasbor seperti gambar di bawah ini;


Setelah itu, klik kata komentar hingga muncul lagi halaman seperti berikut ini;


Pada halaman tersebut akan ada dua permasalahan yang akan kita bahas. Pertama adalah bagaimana kita akan mengatur semua komentar yang masuk serta diterbitkan dalam blog kita, dan yang kedua adalah kita akan mengatur semua komentar yang masuk hanya saja disinyalir sebagai spam oleh sistem proteksi otomatis blogger. Mari kita bahas satu per satu untuk lebih jelasnya.

Pada halaman yang telah diklik kata diterbitkan akan muncul semua komentar yang telah masuk dan diterbitkan dalam postingan blog kita. Di halaman tersebut, ada tiga bagian yang perlu kita perhatikan. Pada kotak biru yang bertuliskan spam adalah tombol yang digunakan untuk menandai komentar yang muncul sebagai spam. Untuk tombol hapus dapat kita gunakan untuk menghapus komentar yang sudah muncul. Sedangkan hapus konten adalah tombol yang digunakan untuk menghapus konten dalam blog kita.
Bagaimana? Sampai di sini sudah cukup jelas kan? Jika masih belum, kita dapat melihat penjelasan lebih lengkap mengenai spam atau filter yang digunakan dalam sistem proteksi komentar ini dengan mengklik kalimat pelajari selengkapnya tentang deteksi spam blogger dan laporkan masalah filtem spam jika kita menemukan gangguan dengan fitur ini kepada blogger. Klik juga kalimat laporkan masalah sebagai opsi selanjutnya.


Bagian penting selanjutnya adalah komentar pada halaman yang khusus menyajikan semua komentar yang masuk ke dalam blog kita dan dicurigai sebagai spam. Sebelum berbicara lebih jauh, apakah kalian sudah mengerti tentang apa itu spam? Yup, jika belum mari kita bahas. Spam secara singkat merupakan sebuah url yang ditujukan kepada kita yang berisikan hal-hal yang bisa diindikasikan memuat virus atau sebuah sarana bagi hacker dan cracker untuk mencuri data-data serta informasi pribadi dalam akun kita. Hal yang biasanya diincar oleh hacker atau cracker dengan media spam yang menyusup ke dalam sebuah akun adalah password untuk membuka akun tersebut. Bagaimana cara kerjanya? Simpel, url tersebut akan mengirimkan data pribadi kita kepada sang penjahat layaknya sebuah mesin otomatis. Nah, karena itulah biasanya saat kita melakukan registrasi atau memasuki sebuah halaman tertentu di internet kita biasanya akan disuguhi verifikasi berupa pengisian karakter berupa kata atau angka tertentu yang biasanya ditampilkan secara samar untuk memastikan jika kita benar-benar manusia dan bukanlah robot spam.
Ok, cukup tentang pembahasan sekilasnya seputar spam. Sekarang, mari kita lanjutkan pada pembahasan kita tadi! Pada halaman ini hanya ada dua tombol penting yang harus kita perhatikan penggunaannya. Apa? Hapus dan bukan spam. Yup, dari namanya saja sudah terlihat jika fungsi dari tombol ini masing-masing adalah untuk mengubah komentar spam yang masuk sebagai komentar yang bukan spam dengan mengklik bukan spam, serta menghapus komentar spam yang masuk dengan mengklik tombol hapus.

Yup, dari sesi di atas kita telah membahas mengenai fitur baru blogger yang mengatur tentang komentar spam dan bukan spam. Selanjutnya, apakah masih ada pengaturan komentar dalam blogger ini yang perlu untuk kita pelajari? Tentu saja masih..

Apa itu..?
Ini adalah pengaturan secara umum untuk komentar blog berbasis blogger. Bagaimana cara mengeditnya? Yup klik saja fitur pengaturan dan pilih tombol komentar hingga muncul halaman seperti gambar di bawah ini;


Komentar, pilih apakah blog kita ingin menampilkan komentar untuk setiap postingan atau tidak.
Siapa yang bisa berkomentar, pilih mana yang kita izinkan terhadap orang yang akan memberikan komentar kepada blog kita. Dari empat pilihan yang disediakan tersebut sangat disarankan untuk memilih siapapun termasuk pengguna anonim. Karena dengan memilih opsi ini akan semakin memperluas ruang lingkup pihak mana saja yang akan berminat mengomentari postingan dalam blog kita.
Penempatan formulir komentar, pada pengaturan default terletak disematkan di bawah entri. Jika kita ingin melakukan variasi, bisa juga dengan mengubahnya dengan memilih halaman penuh dan jendela munculan.
Default komentar untuk entri, sebaiknya diamkan saja dan tetap pergunakan pengaturan awal untuk pilihan entri baru memiliki komentar.
Tautbalik, pilih apakah kita ingin menampilkan tautbalik atau tidak. Fungsi tautbalik ini adalah untuk menghubungkan kita dengan blog yang memberikan tautbalik terhadap postingan di blog kita. Sehingga, dengan tautbalik ini kita dapat menemukan laman yang terdapat dalam blog tersebut.
Bawaan tautbalik untuk posting, sebaiknya pilih saja pengaturan awal jika entri baru memiliki tautbalik. Akan tetapi, pengaturan ini tidak akan memberikan pengaruh apa-apa jika kita memilih untuk menyembunyikan tautbalik kita tersebut.
Format timestamp komentar, jika kita berada di indonesia bagian barat maka pilihlah waktu GMT+7.
Pesan formulir komentar, bisa kita tuliskan pesan apa yang akan kita sampaikan kepada pembaca untuk meninggalkan komentarnya dihalaman postingan kita. Berikan pasan yang persuasif guna mengajak pembaca untuk memberikan apresiasinya. Akan tetapi, jika kita tidak ingin memberikan pesan apa-apa maka kosongkan saja formulir ini.
Moderasi komentar, ada tiga pilihan yang disediakan yaitu selalu, hanya pada entri yang lebih lawas dari xxx hari, dan tidak pernah. Jika kita termasuk blogger yang bijaksana dan selalu mengatur setiap komentar yang masuk, maka memilih pilihan selalu cukup bijaksana. Akan tetapi, jika kita termasuk blogger yang sibuk dan kewalahan untuk memoderasi semua komentar yang masuk ke blog kita, maka pilih saja tidak pernah agar setiap ada komentar yang masuk bisa langsung diterbitkan secara otomatis.
Tampilkan verifikasi kata untuk komentar, sebaiknya pilih ya. Karena hal ini akan sangat berguna sekali untuk mencegah robot spam menyebarkan komentar spam di dalam blog kita.
Tampilkan gambar profil dalam komentar, sebaiknya pilih ya. Karena ini akan menampilkan gambar profil akun blogger kita jika ada komentator yang meninggalkan komentarnya di blog kita menggunakan akun google sebagai akun bloggernya. Gambar yang akan muncul ini biasanya seperti yang terlihat di halaman dasbor kita.
Email pemberitahuan komentar, akan ada pemberitahuan jika ada komentar yang masuk ke dalam blog kita. Sebaiknya kosongkan saja jika hal ini dirasa mengganggu dengan banyaknya email pemberitahuan yang nantinya masuk ke alamat email kita.

Yup, bagaimana dengan semua bahasan di atas..?
Cukup panjang bukan? Apakah sudah jelas?
Komentar itu sangat penting bagi kita dalam menjalani aktifitas blogging. Karena dengan komentar dapat menunjukan adanya reaksi yang saling komunikatif antara pemilik blog dengan para pengunjungnya, sehingga suasana keakraban pun akan muncul hingga akhirnya semakin banyak pembaca yang dengan setia akan mengunjungi blog kita.

Berikan pengaturan yang paling baik agar kenyamanan komunikasi antara kita sebagi pemilik blog dengan pengunjung akan semakin terjalin erat. Jangan lupa juga untuk membalas komentar yang masuk di blog kita. Karena sebenarnya dengan saling memberikan komentar atas postingan yang kita terbitkan merupakan salah satu cara untuk mempromosikan blog kita agar cepat dikenal oleh banyak orang.

Selamat berkreasi semua..
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment