Monday, February 7, 2011

Seputar SPAM

Hai kawan blogger semua..
Apa kabar hari ini? Masih dalam keadaan baik-baik bukan? Yup, semoga hari-hari kita selalu dilimpahkan dengan kebaikan dan keberkahan dalam menjalani hidup. Ok, pada bahasan hari ini kita tidak akan membahas lagi mengenai teknis blog, tetapi kita akan mengalihkannya untuk mencoba membahas topik baru yang berhubungan dengan istilah dalam dunia blogging. Pada pembukaan label baru ini kita akan awali dengan pembahasan mengenai apa sih pengertian spam itu? Dan bagaimana juga dampaknya atau bahayanya spam terhadap diri kita? Penasaran..?
Yup, yuk langsung saja kita bahas bersama-sama untuk melihat panduan lengkapnya.

 

Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers, wikipedia.
Pengertian spam secara harfiah adalah sampah. Sekarang ini, media penyebaran spam banyak sekali yang menjangkit terutama melalui komentar yang kita tuliskan untuk sebuah postingan dalam blog. Sebuah komentar yang dikirimkan untuk menanggapi postingan sebuah blog dan berisikan spam disebut komentar spam.

Yup, pada intinya spam merupakan sebuah pesan yang masuk ke dalam suatu sistem seperti akun yang kita miliki di internet dan berisikan tentang konten-konten yang tidak berguana alias sampah yang dapat mengganggu atau bahkan merugikan bagi pihak yang dikirimi spam tersebut. Bagaimana sebuah komentar itu dapat dikategorikan sebagai sebuah spam?

Pada umumnya, sebuah komentar yang dikirimkan dapat dikategorikan sebagai sebuah spam apabila memenuhi kriteria sebagai berikut, antara lain;
Tidak diminta. Maksudnya di sini adalah komentar yang dikirimkan untuk menanggapi postingan tersebut justru tidak ada kaitannya sama sekali dengan isi yang diulas dalam postingan tersebut. Biasanya inilah kebiasaan yang sering kita lakukan. Kita hanya asal tulis komentar yang pada intinya komentar tersebut tidak menampilkan relevansi dengan isi dari postingan yang kita komentari, tetapi hanya kita gunakan sebagai formalitas untuk ajang promosi. Nah, untuk itu agar kita juga tidak dicap “ngawur” oleh pembaca lain, ada baiknya jika kita juga membaca terlebih dahulu sebelum memberikan komentar terhadap sebuah postingan yang diterbitkan oleh pemilik blog agar komentar kita tersebut tidak dicurugai sebagai spam.
Bulk. Apa maksudnya? Maksdunya adalah komentar yang kita tuliskan untuk menanggapi sebuah postingan dalam satu blog kemudian kita tuliskan lagi untuk menanggapi postingan dalam blog lain. Atau bisa dikatakan jika kita memberikan komentar yang hampir sama kandungan isinya untuk menanggapi berbagai isi postingan di berbagai blog milik orang lain.

Meski bentuk spam yang paling terkenal adalah melalui komentar, tetapi masih ada juga bentuk spam yang lain seperti spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial. Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi. Wah,, ternyata banyak juga ya variasi dari spam ini?

Lalu, apa sebenarnya tujuan dari spammers dalam mengirimkan spam ini kepada kita?
Beberapa tujuan umum yang sering dipakai oleh spammers dalam melancarkan aksinya dapat kita ketahui dari penjelasan sebagai berikut;
  1. Biasanya spam digunakan sebagai ajang promosi terhadap berbagai produk barang dan jasa yang akan dipasarkan. Analoginya adalah dengan mahalnya tarif promosi iklan di dunia maya maupun di dunia nyata, maka hanya dengan menggunakan robot mail semua pesan promosi tersebut akan terkirim luas ke semua pengguna email di dunia. Sebuah cara yang sangat efektif san efisien dalam melakukan promosinya.
  2. Bom email. Biasanya ini digunakan untuk menjahili seseorang agar orang tersebut menerima email yang tidak berguana dan hanya dianggap sebagai sampah dalam jumlah yang sangat banyak dan dilakukan secar terus menerus. Bisa dibayangkan bukan betapa repotnya jika kita yang menerima bom email ini dari spammers?
  3. Media pishing. Hal ini digunakan untuk menjebak orang sebanyak-banyaknya agar masuk ke dalam link trap atau perangkap link, sehingga saat seseorang mengklik url yang dikirimkan padanya orang tersebut tidak akan meluncur ke alamat url yang sebenarnya, tetapi masuk ke perangkap link yang sudah dibuat tersebut.
  4. Media penyebaran virus dan worm. Virus dan worm memang mudah sekali menyebar melalui email. Sebab sudah menjadi kebiasaannya jika virus dan worm ini menyebarkan file-filenya ini kepada seluruh pengguna email di dunia untuk mendapatkan korban sebanyak-banyaknya.
Memang banyak tujuan yang melatar belakangi spammers mengirimkan banyak spam kepada kita. Jadi, jangan lupa untuk meningkatkan waspada dalam menganalisis segala sesuatu yang mencurigakan dan dikirimkan kepada kita.

Setelah membahas mengenai spam dan tujuan spammers melakukan semua ini, lalu apakah spam ini sebenarnya berbahaya? Yup, dapat dikatakan jika spam ini sangat berbahaya bagi kita yang menjadi korbannya. Seperti apa saja bahaya dari spam ini?
Berikut ini beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari spam, seperti;
  1. Waktu kita akan terbuang percuma karena akan banyak dihabiskan untuk memindahkan dan menghapus email yang lolos filter dan masuk ke inbox tetapi ternyata diduga sebagai spam.
  2. Hardisk dalam komputer atau laptop kita akan korup karena dipenuhi file-file yang diindikasi sebagai spam.
  3. Biasanya koneksi internet kita menuju ISP akan membengkak.
  4. Akan menimbulkan masalah tersendiri jika ada virus dan worm yang menyusup dan masuk ke dalam komputer dan laptop kita karena spam ini.
Wah, ternyata spam ini sangat berbahaya ya? Tidak hanya mengganggu karena sifatnya yang sebagai sampah tidak berguna dan menjengkelkan kita, tetapi dibalik itu ternyata juga masih ada bahaya lainnya yang dapat mengancam dari spam yang kita diterima ini. Apakah ada solusi tepat untuk mengatasinya?
Yup, semua penyakit pasti ada solusinya.

Bagaimana menjinakan spam agar tidak lagi berbahaya bagi kita? Beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk meminimalkan resiko kita terkena dampak negatif dari spam ini anatar lain;
  1. Menggunakan antivirus untuk mencegah spam dalam laptop dan komputer kita.
  2. Memberi filter untuk spam pada router ato server email dan smacamnya.
  3. Menggunakan firewall bawaan OS dan personal firewall.
  4. Mengaktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail kita.
  5. Menggunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express.

Selain itu, ada beberapa solusi spesifik yang dapat menghindarkan kita terkena spam khusus yang berasal dari media email, antara lain dengan beberapa langkah sebagai berikut;
  1. Jangan tergoda untuk membuka lampiran email yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal. Bisa jadi lampiran tersebut berisi file jahat yang berbahaya bagi kita.
  2. Jangan membalas perlakuan spam. Mengapa? Karena bisa jadi alamat pengirim spam tersebut adalah alamat palsu yang pada akhirnya nanti akan membuat kita menerima email spam lebih banyak lagi.
  3. Jangan mengisi formulir yang menyuruh untuk memberikan data pribadi kita. Karena inilah cara yang biasanya digunakan oleh para hacker dan cracker dalam mencuri data pribadi kita. Symantec mengatakan, perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email. Jika ragu, hubungi perusahaan itu lewat jalur resmi terpisah. Jangan mengklik atau copy-paste dari link dalam pesan.
  4. Jangan membeli produk barang dan jasa yang dikirimkan penawarannya melalui email spam.
  5. Jangan membuka pesan spam yang memang sudah jelas dianggap sebagai spam oleh filter otomatis dari penyedia jasa layanan email.
  6. Jangan teruskan email berantai yang memberitahukan jika sekarang ini banyak sekali kejahatan dunia maya dan kita diwajibkan untuk lebih berhati-hati karenanya. Bisa jadi email peringatan tersebut justru menjadi sebuah spam tanpa kita ketahui.

Yup, itulah berbagai penjelasan mengenai seluk-beluk spam beserta bahaya dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menghindarkan kita dari bahaya spam yang mengancam selama ini. Biasakan juga bagi kita para blogger untuk tidak berkomentar asal-asalan untuk promosi blog apalagi mencantumkan link sembarangan agar tidak diindikasi sebagai spam. Selain menghindarkan bahaya spam, dengan berkomentar secara baik juga akan menambah wibawa kita sebagai contoh seorang blogger yang baik dalam menerapkan etika blogging di dunia maya. Jangan hanya perhatikan diri sendiri, tapi perhatikan juga bagaimana kesan yang akan timbul dari orang yang akan membaca komentar kita agar kita semakin terpacu untuk menghindari spam dan semakin terpacu untuk berkomentar lebih baik lagi.

Selamat berkomentar kawan..
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment