Thursday, February 3, 2011

Jenis Tulisan Dalam Sebuah Blog

Hallo semua..
Apa kabar hari ini? Sehat? Baik-baik saja bukan? Yup, pada hari ini kita akan membicarakkan masalah seperti apa sih jenis postingan tulisan yang biasanya dibuat oleh para blogger di dalam blog miliknya?
Seperti yang telah kita ketahui bersama jika sebuah blog layaknya sebuah media untuk menyalurkan apapun yang ingin kita bagikan maupun apapun yang ingin kita ekspresikan. Nah, kebanyakan dari semua itu, tulisanlah kebanyakan yang selalu dipublikasikan dalam sebuah blog milik seorang blogger. Walaupun tidak jarang dalam beberapa blog kita menemukan ada video, ebook, lagu, foto, dan konten lainnya yang lebih mendominasi untuk dipublikasikan.

 

Bagi kalian yang dalam blognya lebih banyak mempublikasikan postingan tulisan, tahukah jika ada beberapa jenis tulisan yang terangkum dalam beberapa kategori yang biasanya sering kita munculkan dalam sebuah blog? Apa saja jenis tulisan itu?
Yukk,, kita cari tahu bersama-sama.

Tulisan solusi

Yup, biasanya inilah jenis tulisan yang paling banyak digemari oleh pengunjung blog. Karena dalam tulisan jenis ini akan selalu mengulas bagaimana sih langkah-langkah atau cara atau metode yang digunakan untuk menghasilkan sebuah solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi. Biasanya jenis tulisan ini juga di awali dengan kata “bagaimana..” sehingga ada yang menyebutnya sebagai tulisan “how to..”. Dalam membuat jenis tulisan seperti ini kita diharapkan mampu untuk menguasai sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Misalnya kita ingin mengulas sebuah permasalahan tentang bagaimana cara belajar secara efektif? Tentunya dalam tulisan tersebut kita harus benar-benar matang tentang apa saja informasi yang kita berikan di dalamnya. Paling tidak kita sudah pernah mempraktikannya sendiri atau memiliki beberapa referensi pendukung terpercaya agar tulisan kita nantinya benar-benar berbobot kualitasnya dan tidak asal nulis yang akhirnya akan menyesatkan pembaca. Wah, cukup sulit bukan..?
Tapi, yakinlah jika tulisan jenis ini memang tipe tulisan yang cukup banyak dicari orang untuk dibaca.

Tulisan sebuah definisi

Jenis tulisan definisi memang kurang banyak dimunculkan oleh semua blogger. Karena jenis tulisan ini memang memerlukan pemahaman yang begitu luas dan kita pun harus benar-benar memahami layaknya ahli dalam bidang ini. Sungguh hal yang memalukan bukan jika kita asal menuliskan definisi sebuah hal tanpa mengetahui apa sebenarnya definisi asli serta substansi dari perihal tersebut. Selain malu jika dibaca oleh orang yang mengerti, kita pun akan dicap sebagai blogger penipu karena menyampaikan informasi yang salah dan cenderung menyesatkan..!
Jadi, persiapkan dahulu materi apa saja yang kita butuhkan untuk menulis jenis tulisan ini. Paling tidak harus ada beberapa materi pokok yang mendukung kita sebagai referensi terpercaya untuk menulis agar tulisan kita memiliki dasar ilmiah yang kuat jika kita tidak memiliki keahlian apapun di bidang tersebut. Meski demikian, jika kita mampu untuk menuliskan sebuah tulisan definisi dengan bagus, bukan tidak mungkin jika para pembaca akan merasa kagum dengan kita, dan akhirnya kita pun dengan sendirinya akan mendapatkan predikat sebagai seseorang yang ahli atau berkompeten dalam bidang yang telah kita tuliskan definisnya tadi.

Usahakan untuk mencoba memberikan semacam sudut pandang pribadi untuk jenis definisi sebuah hal tertentu disamping mengacu pada beberapa definisi ahli. Karena dengan begitu kita pun dapat ikut untuk menyalurkan aspirasi pemikiran kita untuk definisi tersebut. Kita juga dapat menambahkan link-link keluar untuk memperkokoh kredibilitas kandungan tulisan kita seperti ke wikipedia, dsb.

Tulisan simulasi

Jenis tulisan ini biasanya berupa langkah-langkah yang secara sistematis untuk membuat sebuah hal tertentu. Biasanya jenis tulisan ini diawali oleh kata angka seperti “3 cara..”. Disamping akan mengikat banyak pengunjung karena tampilan judulnya yang menggoda untuk dibaca, tulisan jenis ini juga akan lebih mudah untuk dicerna karena tersusun secara sistematis melalui langkah yang bertahap berurutan.
Dalam membuat tulisan semacam ini memang kita tidak perlu menjadi ahli dibidangnya. Yang penting adalah kita tahu tentang apa yang sedang kita tuliskan, dan selebihnya kita bisa mencari referensi lain yang dibutuhkan. Usahakan juga dalam membuat tulisan seperti ini kita dapat menysipkan materi pemecahan masalah. Mengapa? Karena seorang pembaca itu umumnya suka sekali dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang mengulas tentang solusi permasalahan sebuah hal.

Tulisan opini

Tulisan jenis ini menggambarkan bagaimana opini kita terhadap sebuah permasalahan yang sedang terjadi. Tulisan ini biasanya termuat dalam blog yang mengulas tentang masalah politik. Karena biasanya ladang politik itu sangat luas, sehingga permasalahan apapun di bidang apapun akan termuat untuk dibahas secara tuntas di dalamnya. Bisa dalam bidang opini untuk pertanian, keuangan, perikanan, pertambangan, pariwisata, dsb.
Terlepas dari itu, jenis tulisan ini biasanya juga dipakai oleh blogger yang menuliskan blognya yang bersifat pribadi dalam mengulas kehidupannya. Dalam menuliskan hal-hal tertentu mereka akan banyak menambahkan opini-opini mereka di dalamnya. Karena pada dasarnya dalam blog pribadi ini seorang blogger akan mencurahkan seluruh ekspresi pemikiran dan perasaan mereka ke dalam sebuah tulisan yang merupakan catatan-catatan perjalanan hidupnya.

Tulisan e-course

Yup, inilah jenis tulisan yang paling jarang ditemui di banyak blog. Jenis tulisan e-course ini biasanya mengandung semacam pelatihan untuk mengajarkan membuat sebuah hal kepada pengunjungnya. Misalnya “cara membuat sebuah kompor”. Di dalamnya kita harus menjelaskan secara keseluruhan tentang satu proses membuat kompor sampai selesai. Meski jarang di temui, tapi umumnya tulisan semacam ini juga banyak diminati pembaca karena pengetahuan yang tertuang di dalamnya akan sangat berguna bagi orang lain. Dan sekali lagi, gunakan referensi terpercaya sebagai acuan jika kita ingin menuliskan sesuatu tapi tidak memiliki cukup keahlian di bidangnya.

Jenis tulisan yang mendominasi muncul dalam sebuah blog memang biasanya dipengaruhi oleh seperti apa tipe blogger yang mengelola blog tersebut. Akan tetapi, apapun jenis tulisan kita yang terpenting bagi seorang blogger adalah menulis untuk berkarya. Baik itu hasil pemikiran sendiri maupun hasil ulasan ulang dari pendapat seorang ahli. Yang penting adalah bukan hasil bajakan yang pada akhirnya akan menghancurkan moralitas seorang blogger yang terbiasa melakukan kecurangan seperti hal tersebut.
Jangan ada paksaan dalam menulis. Menulislah dengan hati, karena apapun yang berawal dari hati pasti kembalinya akan ke hati juga kan..? Perhatikan juga etika dalam menulis. Jangan asal menyalin tulisan orang tanpa memberikan sumber aslinya. Jangan ada unsur melecehkan atau merendahkan apapun. Karena pada dasarnya di dalam kita menulis tujuannya adalah untuk berbagi kebaikan dan manfaat, bukan berbagi keburukan kepada orang lain.

Bagaimana? Mudah bukan? Yang pertama kali harus kita tanamkan adalah niat dalam menulis.
Apapun jenis tulisan kita, asal kita mengemasnya dalam balutan tulisan yang menarik dan bemanfaat pasti tulisan kita tersebuta akan banyak dicari orang, hingga akhirnya blog kita pun akan ramai dikunjungi oleh pembaca-pembaca setia.

Selamat berkreatifitas dalam menulis semuanya..
Salam blogger..!!

No comments:

Post a Comment