Friday, October 21, 2011

Perbandingan Blogspot Dengan Wordpress

Jika kita bergaul dalam dunia blogging, kebanyakan blogger yang kita temui selalu membuat blognya dalam platform blogspot dan wordpress. Kedua platform blog ini memang terkenal dan banyak dipakai oleh kalangan blogger karena kualitas layanan dan fitur yang disediakannya. Blogspot dan wordpress sama-sama memberikan layanan domain dan hosting untuk blogging secara gratis kepada semua penggunanya. Akan tetapi, mana yang lebih unggul dan paling cocok untuk digunakan sesuai kebutuhan blogging kita?

Adapun perbandingan blogspot dan wordpress dapat dijelaskan berikut ini:

Kemudahan pengoperasian.

Blogspot memiliki user interface dan tata letak menu yang sederhana dan mudah dipahami oleh pemula daripada wordpress.

Keamanan dari SPAM.

Baik blogspot dan wordpress telah memiliki tool untuk menjaring komentar dari pembaca yang dicurigai sebagai SPAM. Sehingga, tingkat keamanan masing-masing platform blog ini relatif dapat diandalkan.

Monetisasi blog.

Blogspot mengijinkan semua penggunanya untuk dapat meletakan iklan di dalam blog. Sedangkan wordpress tidak mengijinkan penggunanya meletakan iklan di dalam blog mereka. Jadi, gunakanlah blogspot jika kita ingin memonetisasi blog milik kita dalam menjalani aktifitas blogging.

Memberikan komentar.

Blog wordpress cenderung mendapatkan banyak sekali komentar dalam setiap aktifitas postingnya karena wordpress lebih comment friendly dibandingkan blogspot. Hal ini karena kotak komentar di wordpress langsung memberikan keterangan input yang dibutuhkan, sedangkan blogspot cenderung lebih rumit dan membutuhkan beberapa langkah sebelum menerbitkan komentar.

Ketersediaan template blog.

Wordpress pada dasarnya memiliki koleksi template lebih banyak daripada blogspot, baik template bawaan maupun template yang dibagi-bagikan oleh pengguna lainnya. Kualitas template yang diberikan oleh wordpress juga lebih baik dibandingkan blogspot. Sehingga, banyak template yang semula digunakan untuk blog wordpress kemudian dikonversi agar bisa digunakan dalam blogspot.

Kemudahan dalam mendesain blog.

Blogspot memiliki tingkat kostumisasi desain yang lebih mudah daripada wordpress. Hal ini karena kita sebagai pengguna dapat melakukan keseluruhan edit HTML untuk template blogspot, sedangkan wordpress hanya memungkinkan untuk perubahan beberapa bagian templatenya saja.

Ketersediaan tutorial di internet.

Di Indonesia kemunculan blogspot lebih awal daripada wordpress, sehingga jumlah tutorial blog dari para ahli dunia blogging untuk blogspot relatif lebih banyak dibandingkan wordpress.

Konektifitas dengan widget.

Pengguna blogspot lebih mudah untuk menambahkan aksesoris ke dalam blog mereka daripada wordpress. Blogspot merupakan salah satu produk dari Google, sehingga layanan ini dapat diintegrasikan dengan beberapa layanan Google lainnya seperti Gmail, Youtube, dsb.

Jadi, berdasarkan beberapa penjelasan singkat di atas dapat kita simpulkan jika blogspot dan wordpress dibedakan oleh peruntukan kebutuhan blogging dari penggunanya masing-masing. Penggunaan blogspot lebih diarahkan bagi kita yang ingin blogging sekaligus ingin mendapatkan uang lewat monetisasi blog. Sedangkan wordpress lebih diarahkan kepada kita yang ingin murni blogging tanpa memikirkan mencari uang lewat internet dan bagi kita yang ingin selalu mendapatkan banyak komentar dari blogger lainnya.

Ada yang ingin menambahkan dalam perbandingan ini?
Silakan berkomentar ya.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment