Monday, October 24, 2011

Cara Buat Warna Komentar Admin Di Blog Menjadi Berbeda

Blogging adalah aktifitas yang menyenangkan. Salah satunya adalah kita dapat berinteraksi dengan para pembaca kita baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung, kita dapat menanggapi setiap komentar yang masuk dari pembaca kita untuk postingan blog yang telah kita terbitkan. Entah itu komentar tentang kritik, saran, pertanyaan, permintaan, hingga ucapan salam pertemanan.


Membalas setiap komentar yang masuk dalam blog kita juga sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, hal ini juga terbukti mampu untuk membuat jumlah komentar di blog kita lebih banyak. Baca artikel ini terlebih dahulu, 7 Tips Meningkatkan Jumlah Komentar Di Blog serta 5 Alasan Menjawab Setiap Komentar Di Blog.
.
Agar kegiatan komunikasi melalui komentar dengan para pembaca menjadi lebih nyaman, kita dapat melakukan beberapa perubahan terhadap tampilan komentar yang muncul di setiap postingan blog kita. Salah satunya adalah kita dapat memberikan warna untuk komentar kita sebagai admin pemilik blog yang muncul berbeda warnanya dengan komentar dari pembaca yang mengunjungi blog kita tersebut.

Adapun cara untuk membuat warna komentar admin di blog menjadi berbeda dengan komentar dari pembaca adalah sebagai berikut:

Pertama, masuk ke dalam akun blogger kita masing-masing.
Setelah itu klik rancangan.
Klik edit HTML.
Klik/contreng expand template widget.
Cari kode ]]></b:skin> dan tempelkan kode berikut di atasnya.

.comment-body-author {
background: #CCCCCC;
border:1px dotted #FF6600;
margin:0;
padding:0 0 0 20px;
}

Keterangan:

  1. Untuk memudahkan pencarian, gunakan tombol Ctrl+F pada keyboard.
  2. Download dan simpan template lengkap kita terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika pada saat editing template ini kita mengalami kegagalan.
  3. Background, menunjukan warna pada latar belakang komentar admin.
  4. Border, menunjukan garis tepi. Semakin besar pikselnya, maka akan semakin tebal. Kita juga dapat mengganti warna dari border tersebut.
  5. Baca postingan tentang macam-macam kode HTML warna.


Perhatikan kode HTML di bawah ini.

<data:commentPostedByMsg/>
</dt>


<b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
<dd class='comment-body-author'>
<p><data:comment.body/></p>
</dd>
<b:else/>


<dd class='comment-body'>
<b:if cond='data:comment.isDeleted'>
<span class='deleted-comment'><data:comment.body/></span>
<b:else/>
<p><data:comment.body/></p>
</b:if>
</dd>


</b:if>


<dd class='comment-footer'>
<span class='comment-timestamp'>

Keterangan:

  1. Kode yang berwarna biru adalah kode HTML yang sudah ada di dalam template blog kita. Sedangkan kode yang berwarna merah adalah kode HTML yang perlu kita tambahkan. Ingat, perhatikan baik-baik letak atau posisinya.
  2. Untuk bisa menampilkan komentar yang berbeda, kita sebagai admin blog harus login terlebih dahulu sebelum berkomentar. Dan pastikan jika profil yang digunakan untuk berkomentar adalah Google account kita masing-masing.

Setelah semuanya selesai, klik simpan dan selesai.

Contoh hasilnya seperti ini.


Pemasangan ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Sehingga, setiap langkah membutuhkan kecermatan dalam penempatan kode HTML agar tidak mengalami kesalahan.

Setelah warna komentar kita berubah menjadi berbeda dengan komentar pembaca, apa yang kita rasakan? Senang bukan? Lebih dari itu, manfaat yang bisa kita peroleh adalah setiap pembaca dapat membedakan dengan jelas mana komentar admin dan mana komentar pembaca lainnya. Hal ini diperlukan bagi pembaca yang ingin melihat bagaimana tanggapan admin untuk pertanyaan, kritikan, saran, atau sapaan yang disampaikan oleh pembaca kepadanya.

Ada yang kesulitan?
Jika masih ada yang bingung dan kesulitan, silakan disampaikan lewat komentar di bawah ini ya.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment