Thursday, October 27, 2011

Ganti Template Yang Baru

Jika mulai Kamis, 27 Oktober 2011 ada pembaca yang sedikit kaget melihat tampilan desain template blog ini, itu adalah hal yang wajar. Ini terjadi karena saya selaku admin dan pemilik blog ini telah melakukan penggantian template blog. kenapa hal ini saya lakukan?


Setidaknya ada beberapa pertimbangan yang mendasarinya, antara lain sebagai berikut:

  1. Template yang sebelumnya terasa berat, sehingga membutuhkan waktu untuk menyelesaikan loading yang cukup lama.
  2. Template yang sebelumnya juga terkesan terlalu complicated, sehingga membingungkan bagi pembaca. Perlu diketahui jika pada template sebelumnya memasang cukup banyak pernak-pernik blog pada sidebar sebelah kanan. Selain itu, ada juga beberapa aksesoris blog tersebut yang terlihat mubazir karena jarang dimanfaatkan pembaca.
  3. Keinginan untuk membuat sebuah blog dengan desain yang simpel dan memudahkan kebutuhan pengunjung dalam membaca konten.
  4. Template blog yang dulu kurang SEO friendly karena saat loading berlangsung, bagian isi/konten tidak muncul terlebih dahulu, tetapi didahului oleh bagian sidebar kanan. Hal ini tentu buruk karena search engine tidak bisa mengindeks konten blog secara langsung.


Tampilan halaman depan sebelum dan sesudah pergantian template.

Sebelum.


Sesudah.


Berharap memiliki sebuah blog yang benar-benar fungsionalis. Artinya, blog mampu menyediakan apa yang pembaca butuhkan. Blog ini tidak banyak aksesoris tanpa guna dan pengunjung cepat mendapatkan apa yang mereka ingin cari.

Sebelum melakukan pergantian template ini memang agak dilematis bagi saya. Selain karena template lama yang sudah familiar dan dikenal oleh banyak blogger, terlalu sering mengganti template juga tidak baik bagi pengindeksan oleh search engine. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk rekonstruksi template juga cukup menyita waktu.

Harapannya setelah pergantian template blog ini dilakukan adalah saya bisa blogging lebih enjoy karena blog sudah hampir memenuhi ekspektasi yang diharapkan. Semoga blog ini semakin bermanfaat, selalu sehat, dan tetap berjaya! Amin.
Salam blogger rekan semuanya.

No comments:

Post a Comment