Wednesday, October 12, 2011

Buat Form Kontak Di Blog

Dalam menjalankan aktifitas blogging, kita pasti tidak akan pernah lepas dari interaksi dengan para pengunjung blog kita. Biasanya interaksi ini muncul ketika ada pembaca blog milik kita yang menanyakan mengenai isi konten yang kita publikasikan. Entah sekadar bertanya untuk mulai berkenalan, belum jelas, hingga menambahkan materi yang dirasa perlu dilengkapi.

Bagi penanya yang bisa diakomodir lewat kotak komentar bukan menjadi masalah. Tapi, bagaimana jika penanya tersebut ingin berkomunikasi lebih jauh dengan kita? Tentunya kita harus menyediakan form kontak beserta alamat kontak kita semisal email dan no.telp yang bisa dihubungi.

Untuk menghadapi masalah tersebut, kita dapat menyediakan form kontak yang bisa dijadikan tempat bagi para penanya untuk bisa melakukan kontak lebih jauh dengan kita. Manfaat lainnya adalah dengan form kontak ini akan membuat blog kita terkesan lebih profesional.

Cara membuat form kontak di blog ini adalah sebagai berikut:

Pertama, kunjungi situs kontactr.


Lakukan proses signup/registrasi dengan mengisi semua informasi yang dibutuhkan. Ingat, pada tahap ini isi dengan alamat email yang akan menjadi tujuan saat ada orang mengirimkan pesan kepada kita lewat form kontak kita nantinya.


Setelah selasai, maka kita akan dikirimi link aktifavasi akun kontactr ke dalam alamat email kita. Buka email dan klik link tersebut untuk proses aktivasi.


Setelah akun aktif, maka kita harus log in terlebih dahulu. Isi dengan username dan password kita tadi.


Pada tahap selanjutnya, kita akan dibawa pada halaman yang menyediakan kode untuk memunculkan form. Ada dua pilihan. Gunakan kode AJAX Widget jika ingin menampilkan form kontak dalam halaman posting. Dan gunakan kode Buttons jika ingin menampilkan tombol untuk memunculkan form kontak dan tombol tersebut diletakan pada sidebar blog kita.


Salin dan tempelkan kode tersebut dalam blog kita. Selesai.

Sekarang blog kita telah memiliki form kontak yang cukup elegan bukan?
Contoh dari form kontak ini dapat dilihat pada halaman Contact Us di blog ini.

Ada yang belum paham?
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment