Saturday, December 3, 2011

Giveaway Dalam Blogging

Giveaway Dalam Blogging – Giveaway yang dilaksanakan dalam sebuah blog merupakan sebuah kontes berhadiah yang digelar oleh pemilik blog kepada para pembacanya dengan hadiah tertentu dan untuk tujuan tertentu.

Giveaway pada dasarnya mirip dengan sebuah kontes atau sayembara yang diadakan pada umumnya, hanya saja giveaway lebih bersifat pada nonkomersial sedangkan kontes atau sayembara pada umumnya lebih bersifat pada komersial.


Tata cara pelaksanaan giveaway dalam blogging adalah pemilik blog memberikan pengumuman mengenai kapan dimulai, ketentuan persyaratan keikutsertaan, pengumuman pemenang, hingga hadiah yang akan diberikan kepada para pembaca blognya. Biasanya jangka waktu pelaksanaan giveaway itu antara 1 minggu hingga 1 bulan. Akan tetapi, kita dapat menyesuaikan durasi pelaksanaan giveaway dalam blogging ini sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelaksanaannya.

Bentuk giveaway bisa bermacam-macam tergantung keperluan dan tujuan kita melaksanakan giveaway tersebut. Misalnya, dalam giveaway itu kita memberikan persyaratan kepada para peserta untuk menuliskan review tentang blog kita, menuliskan hal-hal menarik di bidang tertentu, membuat sebuah karya sastra tertentu, membuat sebuah produk barang tertentu, menciptakan ide kreasi inovatif di bidang tertentu, hingga pengalaman pribadi yang lucu, unik, dan menarik untuk disimak.

Giveaway memiliki beberapa tujuan khusus yang diharapkan oleh pemiliknya. Jika kita sebagai pemilik blog mengadakan giveaway kepada para pembaca blog kita, ada beberapa tujuan yang mendasari pelaksanaan giveaway tersebut seperti tujuan untuk promosi blog agar semakin terkenal dan mendapatkan banyak pengunjung baru serta mempererat jalinan silaturahmi antara kita sebagai pemilik blog dengan para pembaca setia blog kita.

Hadiah yang diberikan dalam giveaway ini juga beragam, seperti buku, novel, suvenir produk barang tertentu, dsb. Biasanya hadiah yang diberikan ini menyesuaikan dengan topik blog kita, kondisi finansial kita, hingga kebutuhan dalam giveaway yang kita selenggarakan. Jika blog kita bertemakan bahasan kuliner, kita dapat memberikan hadiah berupa seperangkat alat masak. Jika kondisi finansial kita bagus dan tujuan pelaksanaan giveaway blog kita ini untuk keperluan promosi blog, kita dapat memberikan hadiah dengan nominal yang besar untuk menjaring peserta sebanyak-banyaknya.

Secara umum, giveaway ini sangat bagus untuk diselenggarakan dalam sebuah blog. Jika blog kita masih kecil dan belum banyak yang mengenalnya, paling tidak dengan adanya giveaway ini akan lebih mengenalkan keberadaan blog kita kepada blogger lainnya. Jika kita sebagai blogger masih memiliki sedikit teman, dengan giveaway juga dapat membuka peluang bagi kita untuk bisa mendapatkan teman-teman yang baru serta mempererat jalinan pertemanan dengan teman blogger lainnya.

No comments:

Post a Comment