Friday, December 23, 2011

6 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis

Meningkatkan Kemampuan Menulis – Menulis merupakan aktifitas utama dalam aktifitas blogging yang kita jalani secara keseluruhan. Dengan menulis, kita akan menghasilkan karya berupa tulisan yang merupakan nyawa dari eksistensi keberadaan blog kita. Semakin banyak kita menulis dan menerbitkannya dalam sebuah blog maka kualitas blog kita tersebut akan bertambah baik.


Bagi sebagian orang menulis merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Kebanyakan dari kita menganggap jika menulis itu sulit karena sukar dalam menemukan ide tulisan, menyusun sistematika tulisan yang baik, memberikan gaya bahasa dalam tulisan yang menyentuh dan menarik, serta keluhan-keluhan lain yang pada akhirnya membuat kegiatan menulis itu menjadi berat untuk dijalani. Padahal menulis itu merupakan aktifitas yang menyenangkan jika kita sudah terbiasa untuk melakukannya.

Menulis tidak harus baku. Apa yang kita rasakan dan ingin kita ungkapkan maka itulah bahan yang harus kita tuliskan. Secara umum tidak ada standar baku dalam menilai apakah tulisan itu bagus atau tidak karena tulisan merupakan hasil karya seni yang penilaiannya bersifat relatif dan subjektif.

Bagi kita yang masih takut dan tidak terbiasa untuk menulis, mulai berlatih mencoba menulis merupakan langkah awal yang harus dilakukan jika ingin memiliki keahlian menulis yang baik. Jangan takut salah karena justru dengan kesalahan itu kita dapat belajar dan mengatahui bagaimana semestinya cara menulis yang benar.

Beberapa tips menulis yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam diri kita antara lain sebagai berikut :

1. Banyak membaca.

Menulis pada dasarnya adalah menuangkan ide dan gagasan yang kita miliki. Hasil tulisan tersebut dapat bersifat argumentasi, persuasi, deskripsi, dan eksposisi. Karena tulisan berawal dari sebuah ide dan gagasan yang ingin disampaikan, hal pertama yang harus kita pikirkan dalam menulis adalah ide atau gagasan apa yang kita miliki untuk kemudian kita tuangkan dalam sebuah tulisan.

Kita dapat mencari ide dan gagasan tersebut dari berbagai sumber. Seperti pengalaman pribadi, pengetahuan yang sudah dimiliki, opini, dsb. Cara terbaik untuk memperluas dan memperkaya ide dan gagasan tersebut adalah dengan cara membaca. Semakin banyak kita membaca maka pengetahuan kita akan semakin bertambah banyak. Selain memperkaya ide, banyak membaca juga secara tidak langsung akan mengajarkan pada kita bagaimana gaya bahasa dalam menulis yang baik dan benar seperti dicontohkan oleh penulis dan pengarang buku-buku bacaan yang telah kita baca.

2. Menulis secara teratur.

Menulis yang teratur dapat menjaga dan meningkatkan kualitas tulisan yang kita hasilkan. Hal ini dikarenakan kebiasaan menulis yang dijaga dengan baik tidak akan melunturkan cara dan gaya bahasa kita dalam menulis. Kita juga dapat mengatur frekuensi menulis kita agar kegiatan menulis tidak membuat hidup kita menjadi jenuh. Misalnya, kita menulis minimal seminggu sekali atau sesuai dengan jadwal kesibukan kita masing-masing.

3. Belajar cara menulis yang baik dan benar.

Dalam rangka mengembangkan kemampuan menulis yang kita miliki, kita juga dapat belajar bagaimana cara menulis yang baik dan benar dari berbagai sumber referensi yang terpercaya. Kita dapat mengambil kursus menulis atau belajar secara otodidak mengenai teknik menulis yang baik. Semakin banyak kita belajar menulis maka semakin banyak pula pengetahuan kita dalam membuat tulisan yang baik. Selain itu, semakin banyak kita mendekati hal-hal yang berkaitan dengan dunia tulis menulis maka secara tidak langsung akan mempengaruhi mindset kita dalam meningkatkan kemampuan menulis.

4. Perhatikan mood.

Kondisi perasaan kita sangat berpengaruh terhadap kualitas tulisan yang dihasilkan. Ketika perasaan kita galau tidak menentu maka hasil tulisan kita pun akan terkesan berantakan dan asal-asalan. Tulisan merupakan cerminan dari kepribadian dan intelektual penulisnya. Jadi, menulis dalam keadaan mood yang baik akan sangat berpengaruh dalam menghasilkan kualitas tulisan yang bagus.

5. Kebiasaan melakukan evaluasi.

Melakukan evaluasi terhadap hasil tulisan yang kita buat sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bermanfaat ketika kita mengalami kesalahan dalam menulis baik berupa pengejaan kata yang salah, penulisan angka dan huruf yang salah, hingga pembuatan tulisan dengan gaya bahasa yang salah. Jangan terburu-buru untuk menerbitkan tulisan kita sebelum kita evaluasi dan merasa yakin jika tulisan yang selesai kita buat tersebut bebas kesalahan dan layak untuk dibaca banyak orang.

6. Minta pendapat.

Salah satu cara terbaik dan cepat dalam meningkatkan kualitas menulis kita adalah dengan meminta pendapat kepada seseorang yang sudah mahir menulis mengenai tulisan yang sudah kita buat. Cara meminta pendapat ini sangat efisien dalam meningkatkan kualitas menulis kita karena kita akan cepat mengatahui di mana letak kesalahan kita dalam menulis dan bagaimana koreksi kebenarannya.

Pada dasarnya menulis itu mudah dilakukan. Kita hanya perlu sebuah ide dan menuangkannya dalam rangkaian kalimat yang mudah untuk dibaca dan dipahami isinya. Jika kita belum terbiasa menulis, jangan ragu untuk memulainya. Kesalahan akan menunjukan kita jalan kebenarannya. Dengan latihan yang rutin kita pasti mampu menciptakan karya tulisan yang bagus dan menarik untuk dibaca.

No comments:

Post a Comment