Monday, December 5, 2011

7 Hadiah Giveaway Dalam Blogging

Hadiah Giveaway – Ada banyak pilihan hadiah yang dapat kita berikan kepada pemenang dalam giveaway yang diadakan di dalam blog kita. Akan tetapi, kita harus selektif dalam memilih hadiah agar lebih efektif dan efisien dalam mendukung pelaksanaan giveaway.


Giveaway adalah sebuah acara layaknya kompetisi yang kita berikan kepada pembaca blog kita untuk mengerjakan sebuah hal yang kita inginkan kemudian kita memberikan imbalan berupa hadiah kepada mereka. Pemberian hadiah ini memiliki peran yang penting dalam mendukung keberhasilan giveaway, karena hadiah memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat hati para pembaca untuk ikut berpartisipasi.

Pemilihan hadiah harus selektif agar tidak boros biaya, tetap layak diberikan, dan tetap mendukung pelaksanaan giveaway. Salah satu pilihan yang baik adalah hadiah yang diberikan menyesuaikan dengan topik giveaway yang diselenggarakan dan sesuai dengan topik blog atau usaha yang kita miliki.

Jika kita memiliki finansial yang cukup untuk menyelenggarakan giveaway maka pemilihan hadiah bukan menjadi masalah yang serius untuk dihadapi. Akan tetapi, jika kondisi keuangan kita terbatas maka pemilihan hadiah secara bijak dan sesuai kebutuhan mutlak diperlukan agar pelaksanaan giveaway dalam blogging ini tidak mengganggu kondisi finansial kita secara keseluruhan.

Beberapa bentuk hadiah giveaway dalam blogging yang dapat kita pilih dan gunakan antara lain sebagai berikut:

1. Buku dan novel.

Buku dan novel merupakan hadiah giveaway yang paling banyak dipilih karena harganya yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja. Selain itu, buku dan novel digunakan sebagai hadiah karena sebagian besar pengunjung blog kita yang menjadi peserta giveaway suka dengan kegiatan membaca. Mereka umumnya memiliki daftar buku bacaan, pengarang, dan penerbit tertentu yang pada akhirnya akan membuat mereka merasa senang jika menerima hadiah seperti ini dari giveaway yang kita selenggarakan.

2. Voucher belanja dan wisata.

Jika kita memiliki sebuah usaha toko, kita dapat memberikan para pemenang giveaway dengan voucher belanja di tempat toko usaha kita tersebut. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi kita karena dengan pemberian voucher belanja ini kita juga sekaligus mempromosikan toko yang kita miliki. Selain itu, pemberian hadiah voucher belanja di toko milik kita sendiri akan lebih hemat daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli barang sebagai hadiah giveaway yang kita selenggarakan.

Jika kita memiliki usaha perjalanan dan wisata, kita juga dapat memberikan hadiah berupa tiket perjalanan dan wisata gratis kepada para pemenang giveaway yang kita selenggarakan. Tujuannya adalah sebagai media promosi usaha agar lebih dikenal oleh masyarakat. Jika pemenang merasa senang dengan hadiah yang kita berikan, bukan tidak mungkin ini bisa menjadi bentuk viral marketing yang efektif.

3. Pakaian.

Jenis hadiah lainnya yang paling sering diberikan dalam giveaway adalah pakaian. Pakaian dipilih menjadi hadiah dalam giveaway karena mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau serta diminati oleh banyak orang termasuk para peserta dalam giveaway kita. Kita juga dapat memberikan tanda logo atau tulisan nama blog atau usaha kita sebagai salah satu langkah promosi kepada para pembaca.

4. ATK.

Alat tulis kantor juga bisa menjadi pilihan kita sebagai hadiah dalam giveaway. Kita dapat memberikan pulpen, pensil, buku catatan kecil, hingga tas yang dibubuhi logo atau identitas usaha kita. Alasan pemilihan alat kantor juga sama dengan jenis hadiah sebelumnya yaitu murah, mudah didapat, dan digemari banyak orang.

5. Perlengkapan olahraga.

Secara umum, hadiah berupa perlengkapan olahraga memiliki nominal harga yang cukup mahal. Bayangkan saja berapa harga alat olahraga orisinal seperti raket, bola, stick, dsb yang dijual di pasaran. Pemilihan perlengkapan olahraga sebagai hadiah dapat kita lakukan jika giveaway yang diselenggarakan memiliki tema dengan olahraga. Selain itu juga kita dapat memberikan hadiah perlengkapan olahraga ini jika kita memiliki toko olahraga untuk mendukung promosi usaha dengan mencantumkan identitas usaha berupa logo dan nama usaha, serta untuk menghemat biaya.

6. Makanan dan minuman.

Memberikan hadiah berupa parcel makanan dan minuman, biskuit, roti, minuman ringan, dsb dapat kita kita jadikan sebagai alternatif karena sifatnya yang juga mudah ditemukan, banyak peminat, dan harganya yang cukup terjangkau. Pemilihan hadiah ini sangat disarankan bagi kita yang juga sekaligus pemilik usaha makanan dan minuman karena dapat mempromosikan usaha kita.

7. Peralatan memasak.

Jika giveaway yang diselenggarakan memiliki topik yang erat kaitannya dengan masak-memasak, kita dapat memberikan kepada para pemenang berupa peralatan memasak yang mereka sukai. Jika harganya terlalu mahal, kita dapat menjalin kerja sama dengan pihak sponsor untuk menyediakan hadiah tersebut bagi pemenang. Pemilihan ini ditujukan bagi penyelenggara giveaway yang memiliki finansial cukup banyak dan ingin mempromosikan usaha.

Bagi kita yang memiliki biaya minim, kita juga dapat mengganti peralatan memasak ini dengan sebuah mug atau cangkir yang bermanfaat lebih karena sering digunakan banyak orang untuk minum baik setelah makan maupun untuk bersantai. Untuk mendukung promosi usaha, kita juga dapat mencantumkan nama beserta logo usaha yang ingin dipasarkan di bagian mug atau cangkir yang kita hadiahkan.

Pada dasarnya pemilihan hadiah ini bersifat fleksibel, tergantung berapa dana yang kita alokasikan, keterkaitan dengan topik giveaway, selera pembaca, kemudahan untuk dicari, hingga kesesuaian dengan tema blog kita. Tidak ada batasan dan acuan khusus dalam menentukan hadiah dalam giveaway ini. Selama hadiah yang kita berikan masih layak untuk disebut sebagai hadiah, maka hadiah jenis apapun juga dapat kita berikan kepada para pemenang kita.

Jangan sampai ketidakmampuan memberikan hadiah ini menjadikan kita gagal dalam menyelenggarakan giveaway. Kita juga masih bisa menjalin kerja sama dengan pihak sponsor untuk membantu menyediakan dana untuk membeli hadiah. Selain itu, ukuran hadiah bukan segalanya dalam giveaway karena pada dasarnya adalah bagaimana giveaway itu sendiri bisa terasa menyenangkan bagi peserta dan bukan semata karena besarnya nilai nominal hadiahnya.

1 comment:

  1. Benar juga buku jadi urutan pertama, saya sendiri memilih buku, domain, dan sertifikat sebagai hadiah. Mudah-mudahan bisa mencapai seratus peserta mohon doa mas.

    Makasih ulasannya sangat membantu.

    ReplyDelete