Friday, December 9, 2011

9 Tips Mendapatkan Sponsor Giveaway

Mendapatkan Sponsor Giveaway – Giveaway dalam blogging adalah sebuah ajang yang membutuhkan kontribusi dana dalam rangka pengadaan hadiahnya. Jika tujuan giveaway yang diselenggarakan untuk promosi maka hadiah yang disediakan harus memiliki nilai nominal yang tinggi agar menarik minat banyak peserta untuk mengikutinya. Untuk membantu sumber pendanaan pengadaan hadiah bagi pemenang giveaway yang kita laksanakan, kita dapat mencari sponsor sebagai pihak yang bersedia menyediakan hadiahnya.


Giveaway memang sebuah acara yang menarik untuk diikuti. Alasannya adalah giveaway tidak banyak memberikan beban dan tekanan kepada pesertanya untuk menang karena motivasi blogger untuk mengikuti giveaway biasanya didasarkan pada unsur ingin mempererat jalinan pertemanan.

Akan tetapi, tidak jarang ada giveaway yang sengaja diselenggarakan untuk keperluan promosi, baik usaha yang digeluti maupun blog penyelenggara itu sendiri. Jika demikian, selain promosi giveaway yang gencar kita tentu membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengadaan hadiah yang menarik agar banyak peserta yang berpartisipasi demi tercapainya tujuan giveaway.

Jika kita memiliki dana yang minim dan ingin mengadakan giveaway yang spektakuler, kita tentu membutuhkan sumber pendanaan lain untuk bisa menyelenggarakan giveaway. Salah satu sumber pendanaan tersebut berasal dari sponsor. Sponsor biasanya akan memberikan kita bantuan pengadaan hadiah dalam bentuk uang tunai atau hadiah langsung berupa barang dan jasa sesuai kesepakatan bersama.

Adapun beberapa tips mendapatkan sponsor giveaway yang bisa kita terapkan antara lain sebagai berikut:

1. Giveaway harus memiliki nilai jual.

Blog yang mengadakan giveaway harus terkenal. Selain itu, giveaway yang diselenggarakan juga harus memiliki nilai jual berupa banyaknya calon peserta yang ditargetkan. Semakin banyak peserta yang diproyesikan untuk ikut berpartisipasi dalam giveaway ini maka peluang sponsor untuk bersedia memberikan bantuan dana akan semakin besar.

2. Buat proposal kerja sama sponsor.

Persiapkan sebuah proposal kerja sama sponsor yang baik untuk dikirimkan kepada pihak sponsor dalam mengajukan kerja sama dengan pihak sponsor. Semakin baik proposal yang kita ajukan maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapatkan sponsor. Hal ini dikarenakan proposal merupakan satu-satunya bahan penilaian apakah kita layak mendapatkan bantuan sponsor atau tidak.

3. Perkenalkan diri kita.

Pada langkah awal kita perlu memperkenalkan identitas kita dengan lengkap dan benar. Identitas pribadi ini dapat kita cantumkan pada halaman depan blog kita dan kita beri inisial about, profil, mengenai saya, dsb. Sponsor butuh pemahaman dan pandangan yang baik kepada kita agar mereka berkenan memberikan sumbangan dana kepada giveaway yang kita selenggarakan. Karena itu, berikan informasi yang jelas dan menarik serta tetap menjaga kredibilitas kita di depan pihak sponsor.

4. Pilih sponsor sesuai denga hadiah yang diharapkan.

Kita harus mampu mendefiniskan sponsor untuk jika pihak sponsor tersebut mampu untuk memberikan hadiah giveaway yang kita inginkan dan sesuai dengan tema giveaway yang kita selenggarakan. Misalnya, carilah sponsor yang bergerak di bidang penyedia peralatan memasak jika hadiah yang kita inginkan bagi pemenang adalah seperangkat alat masak dalam giveaway yang bertemakan hari ibu.

5. Berikan alasan yang saling menguntungkan.

Ungkapkan alasan secara jelas, logis, dan objektif mengapa kita memilih pihak sponsor ini untuk bisa memberikan sumbangan dana kepada kita dalam pengadaan hadiah giveaway. Alasan yang kita berikan harus objektif dan tidak banyak mengandung rayuan gombal. Berikan alasan dalam konsep persuasif dan argumentatif dengan tetap menjaga poin penting alasan kita mengajukan tawaran kerja sama dengan sponsor.

6. Berikan tawaran yang menarik.

Pastikan jika kita memiliki pemahaman yang benar dalam mencari sponsor. Selalu pikirkan keuntungan apa yang dapat kita berikan kepada pihak sponsor dan jangan selalu beripikir apa yang bisa kita dapatkan dari pihak sponsor ini. Berikan tawaran yang menarik dan sangat menguntungkan bagi sponsor apabila mereka setuju untuk bekerja sama dengan kita.

7. Berikan klasifikasi sponsor.

Pada proposal kerja sama yang kita ajukan kepada pihak sponsor, berika klasifikasi sponsor yang hendak menjalin kerja sama dengan kita. Biasanya klasifikasi sponsor ini didasarkan pada jumlah kontribusi dana yang mereka berikan. Kemudian, kita akan memberikan insentif atau balasan kepada para pihak sponsor tersebut berdasarkan klasifikasinya.

Misalnya, klasifikasi sponsor yang kita ajukan terdiri dari Platinum, Gold, dan Silver. Setiap sponsor yang memberikan bantuan uang tunai Rp500.000,00 akan menjadi sponsor Platinum, uang tunai Rp300.000,00 akan menjadi sponsor Gold, dan uang tunai Rp150.000,00 akan menjadi sponsor Silver. Setelah itu kita memberikan insentif yang berbeda-beda tingkatannya tergantung klasifikasi sponsor. Insentif ini dapat berupa pemasangan logo sponsor pada banner, hadiah, pencantuman link ke situs sponsor, dsb.

8. Menawarkan sponsor kepada pembaca.

Kita juga dapat menawakan sponsor giveaway kepada para pembaca setia blog kita. Dengan adanya upaya ini maka kita juga dapat lebih berinteraksi dengan para pembaca dan kita juga memperoleh kemungkinan untuk mendapatkan tambahan bantuan keuangan. Jika memang ada pembaca yang berminat untuk menjadi donatur, kita dapat memberikan insentif khusus kepadanya.

9. Berikan laporan pertanggungjawaban.

Ketika giveaway telah selesai diselenggarakan, kita wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada pihak sponsor untuk konfirmasi penggunaan dana yang sesuai dengan kesepakatan. Pemberian laporan pertanggungjawaban yang baik ini akan meningkatkan integritas kita sebagai pihak yang berkompeten dan dipercaya dalam melakukan sebuah kerja sama.

Giveaway dalam blogging yang mendapatkan bantuan sponsor harus meriah dan diikuti banyak peserta. Hal ini karena pihak sponsor juga ingin mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan bantuan finansial yang mereka berikan. Jika blog kita sudah dikenal banyak orang, memiliki jumlah kunjungan harian yang banyak, serta berpotensi menghadirkan jumlah peserta yang banyak juga maka tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi pihak sponsor untuk meminta bantuan finansial dalam penyelenggaraan giveaway yang kita rencanakan.

No comments:

Post a Comment