Thursday, March 3, 2011

5 Hal Yang Menggagalkan Blogging Kita

Apa saja hal yang menggagalkan blogging kita selama ini?
Blogging adalah aktifitas yang menyenangkan. Selain menulis, blogging secara substansial menampilkan kompleksitas dari aktifitas menggali ide baru, menebarkan kebaikan, menjaring silaturahmi, bahkan hingga mencari keuntungan komersial.


Sekarang ini perkembangan dunia blogging sudah jauh lebi maju daripada awal tahun 2004 saat mulai pertama kali diperkenalkan di indonesia. Akan tetapi, banyak juga blogger baru yang gagal eksist di dunia blogging ini karena beberapa penyebab. Mengapa? Apakah mereka hanya coba-coba?

Apa yang sebenarnya membuat kita gagal dalam menjalankan aktifitas blogging?

Hanya coba-coba

Tak bisa dipungkiri lagi jika alasan ini merupakan penyebab utama gagal blogger baru melanjutkan aktifitas bloggingnya. Jika mereka hanya puas setelah mengenal dan bisa mempraktikan langkah awal blogging, apa artinya?

Ketidakteraturan jadwal posting

Memang dalam menjalankan blogging butuh komitmen yang besar untuk tetap melanjutkan eksistensinya. Apalagi jika hal ini dikerjakan oleh blogger-blogger yang memang memiliki kesibukan yang sangat padat di dunia nyatanya. Tentu akan membutuhkan waktu luang tersendiri untuk melakukan aktifitas blogging walau hanya sekedar asal nulis. Akan tetapi, itu bukan masalah jika kita mau dan mampu menyiasatinya? Bagaimana? Mudah, nulis saja sekenanya kita jika tujuan kita blogging adalaha untuk berekspresi. Jangan jadikan rutinitas blogging sebagai beban, tapi nikmati saja sensasinya. Posting juga tidak harus setiap hari, tiga hari sekali, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali juga tidak apa-apa asal niat blogging dalam hati kita tetap ada.

Tidak mendapatkan apa yang diinginkan

Kebanyakan blogger baru menjalankan blogging karena dilatar belakangi motivasi yang terlampau berat. Ingin sukses make money online lah, ingin punya blog yang super canggih lah, atau keinginan lainnya yang sulit dan butuh waktu lama serta usaha yang berat untuk merealisasikannya. Akibatnya, setelah berhari-hari menunggu dan hasilnya tak kunjung datang apa yang terjadi? Malas! Itu awal yang dirasakan. Setelah itu perlahan-lahan dunia blogging akan di lupakannya.

Sarannya adalah tentukan dahulu apa yang sebenarnya kita cari dari aktifitas blogging ini. Setelah itu, jika kita benar-benar ingin mendapatkannya maka imbangi juga dengan komitmen realisasi yang nyata!

Terlalu banyak utak-atik

Utak-atik blog memang kenikmatan tersendiri dalam menjalani aktifitas blogging. Akan tetapi, kadang waktu kita akan banyak tersita untuk menjalankannya dan praktis kegiatan blogging lainnya seperti menulis akan terabaikan.

Kurang berani melangkah maju

Kalau sudah punya blog, jangan hanya Cuma tulis menulis saja yang kita lakukan setiap hari. Cobalah untuk melakukan upaya untuk melangkah maju. Apa contohnya? Misalnya kita blogwalking mengunjungi blog orang lain untuk membaca dan berkomentar. Dengan begitu kita memperlebar sayap untuk menjalankan aktifitas blogging lainnya sehingga kita tidak akan bosan jenuh sendiri dengan melakukan aktifitas blogging yang hanya itu-itu saja.

Secara umum hambatan utama dalam menjalankan blogging adalah masalah waktu. Karena itu, ada baiknya jika kita juga menyiapkan trik-trik khusus agar ada alokasi waktu khusus bagi kita untuk dapat menikmati senasi blogging ini. Right?

Untuk yang ingin menambahkan, jangan lupa komentarnya ya kawan?
Salam blogger..!

No comments:

Post a Comment