Sunday, March 27, 2011

Karakteristik Web Hosting Yang Bagus

Saat ini banyak sekali layanan penyewaan web hosting yang bermunculan, baik yang berasal dari indonesia maupun luar negeri. Beragam penawaran dengan segala kelebihannya pun semakin sering menghiasi sejumlah iklan-iklan di dunia maya. Jika kita ingin menggunakan layanan sewa web hosting ini, kita harus bersikap cermat dan teliti sebelum membeli mengingat banyaknya penawaran yang ada. Salah-salah, bukannya untung yang kita dapat malah buntung karena keteledoran kita. Untuk itu, mari kita simak bagaimana memilih karakteristik sebuah web hosting yang bagus dan berkualitas yang dilihat dari berbagai aspek.

 

Harga.

Biasanya ini adalah faktor yang menjadi perhatian banyak penyewa. Harga mahal belum tentu bagus dan harga murah belum tentu jelek. Hal ini sangat variatif tergantung kebutuhan kita dan bagaimana kita memilihnya. Tapi, secara rasional jika fitur bagus dan spacenya besar pasti akan diimbangi dengan harga yang tinggi pula. Intinya, cari lah harga yang paling menguntungkan di mana harga sebanding dengan kualitas, bahkan harga yang kecil mendapat kualitas di atas setara harga yang kita keluarkan tersebut.

Space.

Biasanya space yang disediakan mulai dari 25 Mb sampai unlimited. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kita agar tidak terlalu boros. Semakin besar spacenya, otomatis harga yang dikenakan akan semakin mahal.

Server.

Saat kita menganalisis bagian servernya, hal yang harus kita kaitkan adalah tentang sasaran pengunjung dari blog kita. Apakah dari indonesia atau dari luar negeri? Jika kebanyakan dari dalam negeri, maka menggunakan server dalam negeri adalah pilihan yang tepat. Tetapi, jika pengunjung blog kita kebanyakan dari luar negeri maka pilihlah server yang dari luar negeri. Ingat, ini hanya servernya. Ada juga web hosting dari indonesia yang juga menggunakan server luar negeri. Pemilihan server yang tepat akan memudahkan aksesibilitas pengunjung ke dalam blog kita.

Bandwith.

Jika blog kita ramai pengunjung, perhatikan bandwithnya. Bandwith bisa diibaratkan sebagai sebuah pipa tempat masuknya pengunjung yang diibaratkan sebagai sebuah air. Jika semakin banyak air yang masuk, maka pipa yang disediakan pun harus semakin besar untuk menampungnya. Bagitu lah kiranya cara kerja sebuah bandwith.

Fitur.

Fitur dalam web hosting ini dapat digunakan untuk mengembangkan kredibilitas blog kita. Misalnya adalah email account, server side scriptnya (ASP, PHP, CGI, JAVA dsb), dan SQL (database) juga untuk monitoring trafik dan log untuk mengetahui seberapa banyak jumlah pengakses serta aktifitas dalam blog kita. Semakin banyak fitur yang ditawarkan akan semakin bagus web hosting tersebut.

Control panel.

Sebisa mungkin cari lah web hosting yang memberikan control panel yang user friendly atau mudah digunakan, mengingat fungsinya yang penting sebagai media untuk mengelola inventaris dalam blog kita.

Support.

Web hosting yang bagus selalu memberikan support penuh kepada kita untuk membantu mengatasi jika sewaktu-waktu kita menghadapi masalah terkait web hosting yang kita sewa tersebut. Pilih lah web hosting yang hingga live support agar setiap ada permasalahan bisa cepat terselesaikan.

Yup, bagaimana? Web hosting kita sudah mendukung seperti hal-hal di atas? Jika belum, mari kita cari web hosting yang berkualitas guna mendukung keberhasilan blog atau website kita. Tambahannya jangan lupa ya kawan-kawan? Kalau ada tanggapan dan sanggahan juga mohon untuk disampaikan lewat komentar.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment