Saturday, March 26, 2011

Pengertian Web Hosting

Beberapa hari yang lalu kita telah membahas mengenai pengertian domain, sekarang giliran kita untuk membahas pengertian web hosting karena keduanya bisa dikatakan saling berhubungan erat. Bagi webmaster atau blogger senior mungkin istilah ini sudah sering didengar, diketahui, dan terbilang info jadul. Akan tetapi, ada baiknya jika kita ulas lagi agar yang belum paham seperti para newbie dapat mengerti lebih jauh.

 

Secara sederhananya, web hosting merupakan sebuah layanan yang menyewakan sebuah tempat kosong untuk menyimpan data-data guna menampilkan sebuah halaman website atau blog. Data tersebut meliputi file HTML, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain untuk menampilkan halaman sebuah website. Jika di ibaratkan, web hosting berperan layaknya hard disk sebagai tempat untuk menyimpan bergam data.

Pada umumnya, web hosting terbagi dalam beberapa kategori seperti ;

  1. Free web hosting.
  2. Shared web hosting/virtual web hosting.
  3. Reseller web hosting.
  4. Virtual dedicated server.
  5. Dedicated hosting.
  6. Managed hosting.
  7. Colocation web hosting.
  8. Cloud hosting.
  9. Clustered hosting.
  10. Grid hosting.
  11. Home server.

Yup, bagaimana kawan? Apakah sudah sedikit mengerti tentang gamabaran sebuah web hosting? Kalau ada yang ingin menambahkan silakan berkomentar ya kawan-kawan? Ditunggu nih tambahannya..
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment