Sunday, July 10, 2011

Tips Agar Blog Tampak Lebih Profesional

Sebuah blog memang didesain untuk digunakan sebagai media penyaluran ekspresi diri. Blog memiliki konsep sebagai media untuk mempublikasikan konten baik berupa tulisan, gambar, maupun video untuk kemudian dibagi-bagikan kepada teman-teman kita. Akan tetapi, perkembangan blog yang sekarang ini semakin meluas membuat tujuan seseorang melakukan blogging tidak hanya terbatas pada hal itu saja. Seseorang mulai berpikir bagaimana dia bisa menghasilkan uang dari blog yang dikelolanya. Ini lah yang dinamakan dengan monetisasi blog. apakah kita juga termasuk di dalamnya?


Jika orientasi blogging kita sekarang sudah memiliki niat untuk monetisasi blog, maka kita juga perlu berusaha keras agar blog yang kita miliki tersebut benar-benar menghasilkan uang seperti apa yang semula kita harapkan. Salah satu tips untuk mendapatkan semua itu adalah dengan mendesain halaman blog kita agar tampak memiliki kesan lebih profesional atau bahkan sangat profesional.

Bagaimana cara membuat tampilan blog lebih profesional ini?

Utamakan kesederhanaan.

Sederhana di sini maksudnya adalah blog kita memiliki tampilan yang seperlunya, tidak banyak menampilkan aksesoris yang tidak dibutuhkan agar memperjelas pengunjung dalam mengakses apa saja yang ada dalam blog kita hingga mereka pun tahu bagaimana karakteristik blog kita yang sebenarnya. Misal, dalam hitungan beberapa detik saja mereka sudah paham jika konsep blog kita adalah blog kuliner, blog tutorial, blog politik, blog sastra, dsb. Intinya adalah tampilkan apa yang mendukung konsep dari blog kita saja.

Pilih template yang baik.

Template yang penuh dengan aksesoris memang menurut kita unik dan terkesan baik. Akan tetapi, template yang penuh aksesoris sebenarnya adalah template yang kurang baik bagi monetisasi blog kita. Pertama, hal itu pasti akan memakan banyak tempat hingga mengurangi space/ruangan yang bisa kita sewakan kepada advertiser. Kedua, hal ini jelas akan memperlambat loading blog kita. Ketiga, aksesoris yang terlalu banyak akan membuat pengunjung menjadi bingung saat melihat halaman blog kita. Mereka akan kebingungan saat mereka harus berbuat apa melihat begitu banyaknya aksesoris yang kita pamerkan. So, pilih lah template yang minimalis tetapi tetap elegan. Usahakan untuk memilih template yang ringan sehingga memiliki loading yang cepat. Pilih background template yang putih atau warna lain yang memudahkan pembaca fokus untuk membaca atau menikmati konten dalam blog kita.

Jawab setiap komentar pembaca dengan etika yang baik.

Menjawab komentar dari pembaca blog kita ini sangat penting. Setidaknya hal ini dapat menunjukan jika kita sangat komunikatif, apresiatif, dan responsif dalam menanggapi setiap masukan dari pembaca kita. Dengan begitu komunikasi yang baik akan tetap terjaga antara kita dengan pembaca dan hal ini pun akan membuat blog kita terlihat lebih hidup/dinamis. Silakan baca artikel 5 Alasan Menjawab Setiap Komentar Di Blog dan Tips Dalam Berkomentar Di Blog untuk keterangan lebih lengkapnya.

Jangan asal CoPas.

Pada dasarnya tindakan copy paste atau menyalin artikel dari blog milik orang lain adalah sebuah tindakan yang kurang menguntungkan. Tindakan ini tentu dapat menghambat kreatifitas kita dalam menulis dan mengembangkan ide atau gagasan untuk dibagikan kepada orang lain. Selain itu, melakukan aksi copy paste artikel milik orang lain tanpa aturan yang benar juga merupakan sebuah tindakan pencurian bukan? Nah, kalau pun kita harus menampilkan artikel milik orang lain dalam blog kita, paling tidak kita harus menampilkan link sumber darimana asalnya artikel tersebut sebagai sebuah etika yang baik. Coba pikirkan dan renungkan bagaimana sih rasanya jika konten yang sudah kita buat susah payah dan kita persiapkan baik-baik ternyata “dicuri” oleh orang lain dengan begitu mudahnya, kemudian dipublikasikan ulang untuk kepentingan mereka sendiri? Pastinya akan sangat kesal bukan? Nah, itu juga yang mungkin akan dialami oleh blogger yang kita copy paste artikelnya. So, kapan kita jadi blogger yang baik?

Memberikan link sumber bukan sebuah hal yang sulit bukan? Jangan berpikir jika kita menampikan link sumber ini akan menurunkan citra blog kita di mata pembaca. Justru dengan cara ini lah pembaca kita akan respect karena mereka akan tahu kalau kita telah menerapkan etika blogging yang sebenarnya daripada asal copy paste tanpa mencantumkan sumber sama sekali. Sebisa mungkin, budayakan anti CoPas Postingan Blog milik orang lain.

Jangan merendahkan diri.

Rendah diri di sini berarti kita melakukan hal-hal yang akan menurunkan citra kita sebagai pemilik blog di mata pembaca. Misalnya adalah kita menyuruh kepada pengunjung untuk mengklik iklan yang kita tampilkan atau memaksa setiap pembaca untuk mengomentari postingan blog kita. Biarkan lah semua mengalir apa adanya tanpa paksaan. Wibawa pemilik blog yang baik akan sedikit banyak mendongkrak popularitas blog kita di mata pengunjung.

Perhatikan cara menulis yang benar.

Jika blog kita hendak mendapatkan predikat blog yang profesional, perhatikan semua unsur mulai dari unsur yang paling kecil sekalipun. Perhatikan bagaimana gaya bahasa kita dalam menulis. Tidak usah dibuat-buat, menulis lah apa adanya. Bukahkah setiap blogger itu memiliki gaya menulis yang berbeda-beda. Jangan pernah takut atau merasa jika kualitas tulisan kita itu kurang bagus! Ini akan menghambat kemajuan kita. Sip?

Perhatikan juga bagaimana tanda bacanya, korelasi antar kalimatnya, apakah ada link yang mati/dead link atau tidak, bagaimana diksi atau pemilihan katanya, hingga bagaimana pemilihan topik menarik yang kita pilih.

Itu lah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar blog kita tampak lebih profesional di mata pengunjung. Kawan-kawan ada yang ingin menambahkan? Jika ada yang ingin menanggapi seperti biasa silakan disampaikan lewat kotak komentar ya?
Mari kita blogging untuk mencapai kesuksesan bersama.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment