Friday, July 1, 2011

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Label

Salah satu hal mendasar yang membedakan antara sebuah blog dengan website adalah blog memiliki tingkat frekuensi update konten yang lebih tinggi daripada website. Karena blog adalah sebuah media yang pas bagi kita untuk mengekspresikan apapun yang kita rasakan dan ingin kita bagikan. So, hampir setiap waktu kita sebagai pemilik blog selalu mengupdatenya dengan berbagai konten yang ingin kita bagikan.


Dari segi penatausahaan, hal ini akan membawa akibat yang kurang baik jika kita tidak dapat melakukan pengelolaan arsip dengan baik. Hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi tingginya frekuensi update guna menunjang kemudahan aksesibilitas pengunjung untuk mendapatkan konten-konten kita terdahulu adalah dengan memberikan widget arsip blog dalam blog kita.

Apakah ada cara yang lain?
Tentu ada. Dan salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk menatausahakan semua update konten blog guna mempermudah aksesibilitas pengunjung melihat seluruh konten yang telah kita publikasikan sebelumnya adalah dengan menggunakan daftar isi blog. Dengan daftar isi blog kita dapat melihat seluruh konten yang telah kita publikasikan yang dikelompokan sesuai dengan kelompok label pada saat kita melakukan posting blog. selain itu juga kita dapat melihat konten mana saja yang baru saja update dengan adanya petunjung tulisan “new” di samping konten tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Blog itu?

1. Daftar Isi Blog Ditampilkan Dalam Sidebar.

Contohnya :


Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Masuk ke akun blogger kita.
Klik fitur rancangan.
Klik tambah gadget.
Klik HTML/JavaScript.
Masukan Script di bawah ini.

<div style="overflow:auto;width:430px;height:120px;padding:10px;border:1px solid #eee"><script style="text/javascript" src="http://panduanbelajarblog.googlecode.com/files/archieve_label_table.js"></script><script src="http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>

Klik simpan dan selesai.

Keterangan :


  1. Ganti http://namablogkita.blogspot.com dengan alamat blog kita masing-masing.
  2. Ganti angka dalam width:430px; untuk merubah ukuran lebar kotak.
  3. Ganti angka dalam height:120px; untuk merubah ukuran tinggi kotak.


2. Daftar Isi Blog Ditampilkan Dalam Isi Postingan Blog.

Cara kedua yang dapat kita gunakan adalah membuat sebuah daftar isi blog yang sama dengan di atas, tetapi ditempatkan di dalam isi postingan blog. Menempatkan daftar isi dalam postingan blog akan lebih baik, karena hal ini tidak akan banyak mengganggu kecepatan loading blog kita karena penggunaan script untuk menampilkan daftar isi tersebut. Selain itu juga daftar isi dapat ditampilkan lebih luas dan lebih banyak mengingat halaman postingan blog itu lebih luas daripada halaman sidebar. Iya kan?

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

Masuk ke akun blogger kita masing-masing.
Klik entri baru.
Jangan menulis pada compose seperti saat kita biasanya menulis postingan, tetapi klik edit HTML yang ada di sebelahnya. Ini dilakukan karena kita akan memasukan script, bukan tulisan postingan biasa.
Masukan script di bawah ini.

<script style="text/javascript" src="http://panduanbelajarblog.googlecode.com/files/archieve_label_table.js"></script><script src="http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>

Klik terbitkan dan selesai.

Keterangan :


  1. Ganti http://namablogkita.blogspot.com dengan alamat blog kita masing-masing.


Bagaimana kawan? Ternyata membuat daftar isi blog itu mudah bukan?
Setelah ini blog kita akan memiliki sebuah daftar isi yang mampu menampilkan semua konten blog kita dengan susunan yang rapi berdasarkan kategori postingan.
Ada yang ingin menambahkan?
Jika ada yang ingin bertanya atau menanggapi silakan disampaikan lewat kotak komentar di bawah ini ya kawan.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment