Wednesday, August 17, 2011

Mempromosikan Blog Dengan Situs Jejaring Sosial

Sekarang ini perkembangan situs jejaring sosial di dunia semakin berkembang pesat. Banyak orang memanfaatkan fasilitas ini untuk bisa menghubungkan kehidupan sehari-hari mereka dengan keluarga, kerabat, teman, dan rekan-rekan bisnis mereka. Memang, pada dasarnya sebuah hal yang bermanfaat bagi banyak orang itu pasti akan banyak mendapatkan kunjungan dari orang-orang.


Di Indonesia, situs jejaring sosial yang terkenal dan biasanya banyak digunakan oleh pengguna adalah Facebook dan Twitter. Entah kenapa, mungkin karena branding atau sebab lain membuat kedua jenis situs jejaring sosial ini begitu digemari oleh masyarakat.

Jika kita melihat pada statistik dalam Alexa Traffic Rank, terlihat jika facebook dan twitter ini memiliki peringkat yang bagus. Ini berarti, kedua jenis situs jejaring sosial ini memang terbukti memiliki kualitas kunjungan oleh pengguna yang sangat baik.

Dengan kenyataan tersebut, kita dapat mengambil sisi positifnya. Apa itu? Yup, situs jejaring sosial bisa kita jadikan sebagai media promosi blog secara efektif dan efisien. Dengan mengoptimalkan layanan tersebut, kita akan semakin mudah dalam mendapatkan akses untuk mempromosikan blog kepada masyarakat.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk mengoptimalkan penggunaan situs jejaring sosial dalam mempromosikan blog milik kita antara lain sebagai berikut :

Kenali target pemasaran kita.

Agar efektif, sebaiknya kita perlu merumuskan terlebih dahulu seperti apa sebenarnya target pemasaran dari blog kita ini. Misal, jika blog kita bertemakan kuliner, maka cobalah untuk mempromosikan blog dalam grup atau orang-orang yang memiliki potensi menyukai atau berkompeten di bidang kuliner. Jangan sampai kita target pemasaran kita terlalu luas, karena setiap orang belum tentu suka dengan kuliner bukan? So, menyeleksi target pemasaran blog kita adalah hal yang sangat baik.

Konsisten dalam berpromosi.

Untuk menunjukan profesionalitas dan komiten yang tinggi, usahakan untuk selalu melakukan update dalam mempromosikan blog kita. Misal, kita selalu rajin update status, menyapa teman atau follower kita, memberikan sesuatu yang bermanfaat, dsb.

Kembangkan inovasi.

Hal yang tidak kalah penting dalam berpromosi via situs jejaring sosial adalah inovasi yang kita lakukan. Inovasi ini penting untuk membuat suasana lebih dinamis dan tidak terkesan membosankan. Semakin atraktif cara kita berpromosi, maka pengunjung blog kita pun akan semakin banyak.

Inovasi yang dapat kita lakukan bisa seperti mengadakan kontes dalam blog, memberikan sesuatu yang gratis dan bermanfaat, gaya berpromosi yang lebih familiar, dsb.

Lebih dekat dengan teman kita.

Ini adalah kunci kesuksesan dalam berpromosi blog lewat situs jejaring sosial. Karena pada dasarnya situs jejaring sosial ini merupakan wahana yang difungsikan untuk bisa menjalin kedekatan antarpersonal secara baik. So, manfaatkan lah peluang tersebut sebaik-baiknya. Jangan pernah menjadikan teman kita sebagai objek dagangan atau semata-mata objek kita dalam berpromosi. Bersikaplah sewajarnya layaknya kita sedang berteman dengan sahabat baik kita.

Semakin erat kedekatan kita dengan teman kita, maka secara tidak langsung proses berpromosi blog kita kepada mereka pun akan terbawa dengan baik. Murah menyapa, tidak terkesan sombong, tetap low profile adalah kuncinya.

Situs jejaring sosial adalah media yang paling pas untuk berpromosi. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, maka dalam waktu singkat jumlah pengunjung dalam blog kita pun akan bertambah ramai.

Jika ada yang ingin menanggapi silakan sampaikan saja lewat komentar di bawah ini ya kawan.
Berbagi itu indah dan menyenangkan. Dengan berbagi, kita dapat melengkapi kelebihan dan kekurangan kita masing-masing.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment