Sunday, August 21, 2011

5 Tanda Blogger Pemula Yang Baik

Dalam rangka menjadi blogger yang sukses, seorang blogger harus mampu merintis kesuksesannya dari awal dia menjalani aktifitasnya. Sebagai seorang blogger, ada beragam makna kesuksesan yang berbeda-beda manurut keyakinannya masing-masing. Ada yang mengutarakan jika kesuksesan menjadi seorang blogger itu dinilai dari seberapa banyak uang yang berhasil dikumpulkannya, ada juga yang menilai kesuksesan itu dinilai dari seberapa besar kepuasan yang diperoleh dari menjalani aktifitas bloggingnya.


Dalam ruang lingkup seorang blogger pemula, kesuksesan juga dapat diraih meski maknanya berbeda dengan kesuksesan yang diraih oleh blogger profesional. Setidaknya, ada beberapa sikap baik yang perlu kita tanamkan dan kita lakukan sejak awal dalam rangka menjadi blogger yang sukses dikemudian hari, seperti :

Aktif melakukan posting.

Sebenarnya inti dari menjalankan blogging adalah posting. Dengan kita rajin posting, maka blog kita akan terasa hidup dan dinamis. Akibatnya, selain blog terangkat posisinya di persaingan mendapatkan tempat di halaman hasil penelusuran search engine, pengunjung blog pun akan bertambah karena blog kita yang selalu update. Manfaat lainnya adalah blog kita memiliki banyak konten, sehingga sangat baik untuk modal awal mengembangkan blog menjadi lebih besar.

Melakukan blogroll.

Blogroll adalah aktifitas bertukar link. Semakin banyak kita bertukar link dengan blogger lain, maka jalinan silaturahmi antarblogger pun akan semakin baik. Selain itu, jika kita mendapatkan link dari blog yang berpagerank tinggi, maka otomatis blog kita pun akan terangkat nilai pageranknya.

Selalu berinovasi.

Blog sudah banyak yang punya. Konten yang kita miliki pun sudah banyak orang yang menyamainya. So, bagaimana agar kita mampu bersaing? Buat lah sebuah pembeda dengan menciptakan nilai lebih! Gunakan inovasi. Inovasi yang kita lakukan dapat berupa membuat sebuah konten yang unik dan menarik, mempromosikan blog dengan cara baru yang lebih efektif dan efisien, membuat tampilan blog lebih menarik, dsb.

Manfaatkan SEO.

SEO (Search Engine Optimation) merupakan teknik yang dapat kita gunakan agar blog kita mendapatkan peringkat yang baik dalam halaman hasil penelusuran search engine. Dengan penggunaan Teknik SEO yang baik, maka blog kita akan lebih cepat berhasil berkembang lebih baik terutama dalam hal persaingan dengan blog lain dalam menduduki peringkat teratas search engine.

Belajar dan jangan malu bertanya.

Saat kita masih berada di level blogger pemula, pasti ada banyak hal seputar dunia blogging yang belum kita ketahui atau kita kuasai dengan baik. Terus lah untuk belajar mengembangkan pengetahuan yang kita miliki. Jika masih mengalami kesulitan, jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya kepada yang sudah mengetahuinya. Semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki, maka menjalani dan mengeksplorasi dunia blogging akan semakin mudah dan menyenangkan.

Itu lah beberapa hal yang disarankan dan perlu kita lakukan ketika menjadi blogger pemula. Kita juga dapat menambahkan untuk melakukan hal lainnya sepanjang apa yang kita lakukan tersebut mampu untuk menunjang keberhasilan kita dalam menjalani aktifitas blogging sebagai blogger pemula.

Jika ada yang ingin menambahkan silakan disampaikan lewat kotak komentar ya kawan.
Salam blogger!

No comments:

Post a Comment