Thursday, November 3, 2011

Ganti Template Baru Lagi

Yah, akhirnya panduan belajar blog ganti template lagi.
Setelah satu minggu dengan muka baru, hari jumat ini saya terpaksa harus mengganti muka blog ini dengan tampilan yang lebih baru lagi.

Apa masalahnya? Mengikuti tren? Bosan?
Penggantian template ini bukan karena latar belakang rasa bosan atau ikut-ikutan, tetapi lebih didasarkan pada alasan munculnya masalah teknis. Template sebelumnya dirasa janggal karena pada bagian sidebar kedua sebelah kanan tidak memunculkan like box fans page. Walaupun like box ini muncul pada saat halaman depan dibuka, tapi like box ini hilang dengan sendirinya ketika halaman posting dibuka.

Saya sendiri tidak berminat untuk ganti template saat itu. Tapi, template terpaksa saya ganti karena saya tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya dan permasalahan teknis ini tidak mungkin saya biarkan terus menerus.

Beberapa pertimbangan kenapa saya berani ganti template lagi antara lain sebagai berikut:

  1. Template sebelumnya bisa dikatakan rusak, karena ada pemasangan widget yang tidak tampil sempurna.
  2. Ada stok template lain yang memiliki kesamaan dengan template sebelumnya dalam bidang tertentu, seperti desain tata letak, kecepatan loading, dan seo.
  3. Mumpung blog ini belum banyak dikenal, sehingga proses pencarian jati diri berupa desain tampilan blog masih bisa dilakukan perubahan guna branding di masa depan.


Tampilan template sebelumnya.


Tampilan template yang baru.


Desain template ini memang sudah banyak memenuhi ekspektasi saya, antara lain sebagai berikut:

  1. Template terlihat minimalis dengan dominasi warna putih.
  2. Loading relatif cepat.
  3. Seo friendly.
  4. Dua kolom dengan sidebar di sebelah kanan.


Adapun kekurangan template baru ini menurut saya pribadi antara lain sebagai berikut:

  1. Tidak tersedianya social bookmark.
  2. Tidak tersedianya related post.
  3. Navigasi atau kemudahan akses bagi pengunjung dalam menggunakan menu-menu di blog ini masih kurang.


Semoga dengan adanya perubahan ini bisa membuat blog ini lebih maju dan berkembang. Tidak ada lagi masalah yang dihadapi, sehingga blogging bisa lebih aman, nyaman, dan semakin seru serta bermanfaat!

No comments:

Post a Comment